Terungkap Alasan Ganjar Pranowo Menolak jadi Capres Prabowo Subianto, Terlalu Percaya Diri?
Calon Presiden nomor urut tiga Ganjar Pranowo menjawab pertanyaan awak media usai bersilaturahmi dengan para kyai kampung di Pondok Tahfid Hamalatul Quran, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Jumat malam (12/1). (ANTARA/HO-Tim Media Ganjar Pranowo)
15:28
17 Januari 2024

Terungkap Alasan Ganjar Pranowo Menolak jadi Capres Prabowo Subianto, Terlalu Percaya Diri?

Haikal Hassan Barras atau yang lebih dikenal sebagai Babe Haikal membeberkan alasan Ganjar Pranowo menolak tawaran sebagai calon wakil presden (cawapres) mendampingi calon presiden (Capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto.

Menurut Babe Haikal, tawaran itu ditolak lantaran Ganjar cukup percaya diri untuk maju sebagai kandidat Capres. Kini, ia mantap maju sebagai Capres nomor urut 3 dengan cawapres Mahfud MD.

Padahal, kata Babe Haikal, saat itu Ganjar sempat diusulkan menjadi wakil Prabowo atas ide dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Lantaran Ganjar menolak, akhirnya Prabowo maju bersama putra Jokowi, yakni Gibran Rakabuming Raka.

"Pak Ganjarnya nggak mau karena merasa pada waktu itu elektabilitasnya tinggi," beber Babe Haikal dalam youtube Close The Door, dikutip Rabu (17/1/2024).

Bukan cuma Ganjar yang saat itu tidak setuji, partai pengusungnya yaitu PDI Perjuangan juga kekeuh untuk mengusung Capres bukan cawapres. Saat itu PDIP yakin, lantaran masih bersama Jokowi.

Namun setelah Jokowi mundur dari PDIP, kata Babe Haikal, elektabilitas partai yang dinaungi oleh Megawati Soekarno Putri itu merosot.

"Pada waktu itu, PDIP merasa hebat didukung sama Pak Jokowi. Sekarang kan terbukti, Pak Jokowi cabut, PDIP melorot," katanya.

Sedangkan partai lannya, seperti PKS, Gerindra, PAN tidak mendukung Ganjar. Adapun tiga partai yang mendukung Ganjar selain PDIP yakni Perindo, PPP dan juga Hanura.

"Kira-kira ada nggak partai PKS, atau Gerindra atau PAN dukung Pak Ganjar, ada nggak?," bebernya.

Adapun saat ini, KPU telah mengumumkan tiga paslon yang akan memperebutkan kemenangan pada Pilpres 2024. Ketiganya yakni Anies Baswedan dengan wakilnya Muhaimin Iskandar (AMIN), Prabowo Subianto dengan Gibran Rakabuming Raka (Prabowo-Gibran) dan Ganjar Pranowo dengan Mahfud MD (Ganjar-Mahfud).

dari ketiga Paslon didampingi oleh wakilnya masing-masing. Paslon nomor satu dengan wakilnya Muhaimin iskandar, paslon nomor dua wakilnya Gibran Rakabuming Raka dan paslon nomor tiga dengan wakilnya Mahfud MD.

Editor: Bella

Tag:  #terungkap #alasan #ganjar #pranowo #menolak #jadi #capres #prabowo #subianto #terlalu #percaya #diri

KOMENTAR