Hasto Kristiyanto
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. [Dok. DPP PDIP]
17:24
19 Mei 2024

Hasto Kristiyanto

Berikut ini adalah profil dari Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto.

Nama Hasto sebagai sekjen PDIP beberapa waktu ke belakang kerap jadi sorotan publik. Pasca Pilpres 2024, Hasto Kristiyanto blak-blakan memberikan kritik pedas terhadap pemerintah Jokowi.

Terbaru, Hasto di Rakernas PDIP menyatakan bahwa salah satu yang jadi sorotan kader partai berlambang banteng ini ialah pelaksanaan Pemilu 2024. Hasto tegah menyatakan bahwa terjadi kerusakan demokrasi di pemerintahan Jokowi.

"Hal ini secara langsung dan tidak langsung tentu berkaitan dengan pemerintahan Jokowi," ungkap Hasto seperti dikutip, Minggu 19 Mei 2024.

Hasto juga setuju dengan jalan politik yang diambil Ganjar Pranowo untuk menjadi oposisi pasca kemenangan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.

"Ya tentu saja (komitmen sejalan), karena ini merupakan sikap kenegarawanan, sikap yang sangat baik," kata Hasto.

Hasto menyampaikan, jika Pemilu 2024 tidak melunturkan semangat Ganjar dan Mahfud MD serta partai pengusungnya di dalam berdedikasi, mengabdi kepada bangsa dan negara.

"Terlebih saat ini kita menghadapi berbagai persoalan seperti masalah pangan, investasi, yang menciptakan lapangan perkejaan untuk rakyat, kemudian persoalan terkait dengan dampak global warming, dampak pertarungan geopolitik global," jelas Hasto.

Profil

Nama lengkap: Hasto Kristiyanto

Tanggal lahir: 7 Juli 1966

Tempat lahir: Yogyakarta

Nama istri: Maria Ekowati

Pekerjaan: Politikus

Pendidikan

  • SD Gentan Yogyakarta (1972-1979)
  • SMP Negeri Gentan Yogyakarta (1979-1982)
  • SMA Kolese De Britto Yogyakarta (1982-1985)
  • S-1 Fakultas Teknik Kimia UGM Yogyakarta (1985-1991)
  • S-2 Manajemen STIE Prasetya Mulya Business School, Jakarta (1997-2000)
  • Program Profesi Insinyur UGM (2020-2021)[2]
  • S-3 Ilmu Pertahanan Universitas Pertahanan, Bogor (2020-2022)

Karier politik

  • Sekjen PDIP (2014 - sekarang)
  • Anggota DPR RI (1 Oktober 2004-1 Oktober 2009)

Biografi Hasto Kristiyanto

Hasto merupakan politisi PDIP kelahiran Yogyakarta, anak pasangan Antonius Krido Pardjono dan Yohana Sutami.

Setelah lulus dari SMA Kolase De Britto, Hasto masuk ke UGM dengan mengambil jurusan Teknik Kimia. Di tingkat universitas, Hasto cukup aktif di sejumlah organisasi.

Hasto tercatat pernah menjadi Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Teknik UGM. Perkenalan Hasto ke dunia politik makin kuat saat ia menjadi mahasiswa UGM.

Hasto banyak membaca buku-buku tentang Sukarno dan gagasannya soal Indonesia Raya. Perspektif pemikiran Sukarno inilah yang kemudian mempengaruhi dalam cara berpolitik dan idealisme politiknya.

Hasto benar-benar terjun di dunia politik pada dekade 90-an saat ia belajar politik dari tokoh akademisi ilmu politik UGM Cornelis Lay.

Tahun 1999 Hasto mulai masuk ke dalam struktur Partai PDI dan bekerja sebagai 'tukang ketik'. Hasto pun mendapatkan banyak pelajaran dan pengertian-pengertian baru tentang semangat Partai. Dari banyak notulensi rapat ia menyerap “suasana kebatinan Partai” dan idealisme-nya.

Setelah menamatkan Pendidikan Strata-2 nya tahun 2000 di Prasetya Mulya, Hasto memutuskan total masuk ke Partai dan berkarir di Partai PDI Perjuangan.

Pada pemilu 2004, Hasto Kristiyanto terpilih menjadi anggota DPR RI dari daerah pemilihan (Dapil) Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan dan Trenggalek, Jawa Timur.

Pada Kongres IV PDI Perjuangan 2015, Hasto Kristiyanto ditunjuk secara resmi menjadi Sekjen PDI Perjuangan untuk masa bakti 2015-2020.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #hasto #kristiyanto

KOMENTAR