Drone Emprit Sebut Tagar Bea Cukai Terbaik Direspons Netizen Soal Polesan Buzzer
Ilustrasi Ditjen Bea Cukai Kemenkeu. (Dok. JawaPos.com)
14:08
16 Mei 2024

Drone Emprit Sebut Tagar Bea Cukai Terbaik Direspons Netizen Soal Polesan Buzzer

–Analis Drone Emprit Nova Mujahid mengungkapkan analisis terkait tanda pagar (hastag) #BeaCukaiTerbaik yang menjadi trending topic di X (dulu Twitter) pada Kamis (15/5). Dia menyebut warganet justru menanggapi sinis tagar tersebut dan menyebut itu sebagai pekerjaan buzzer.

Tagar #BeaCukaiTerbaik mulai muncul di Twitter pada 15 Mei. Terpantau pukul 10 pagi tagar tersebut sudah masuk dalam jajaran Trending Topics Indonesia (TTI). Lalu merangsek memuncaki TTI sejak 15 Mei pukul 16.00 WIB. Perlahan turun sejak pukul 17.00 WIB hingga menduduki peringkat 8 pada pukul 19.49 WIB,” kata Nova, Kamis (16/5).

Dia mengungkapkan, setelah ada di ranking 49 TTI pada malam hari, perlahan #BeaCukaiTerbaik naik lagi sejak Kamis (16/5) pukul 01.00 WIB. Kemudian pada pukul 10.00 WIB, tagar tersebut terus berusaha mendesak di jajaran top 10 TTI.

”Dari narasi yang diangkat, terlihat jika tagar ini berusaha mengangkat berbagai prestasi Bea Cukai, pembenahan di instansi (mutasi, pencopotan, atau pemeriksaan pegawai dan pejabat), serta apresiasi tokoh dan masyarakat pada personel maupun instansi,” terang Nova Mujahid.

Selain itu, lanjut dia, posisi Bea Cukai sebagai gerbang terdepan penjaga barang-barang ilegal masuk NKRI, juga menjadi sorotan perbincangan. Hal itu, disertai dengan unggahan link yang memuat berita tentang temuan berbagai barang haram oleh Bea Cukai, semisal narkoba.

”Namun nada kritik pada Bea Cukai yang santer disuarakan publik dalam pekan-pekan ini, juga terlihat masih cukup ramai. Beberapa akun malah terlihat sinis pada tagar #BeaCukaiTerbaik dengan sebut ini adalah pekerjaan buzzer,” papar Nova.

”Belakangan, selain gunakan kata Bea Cukai, pada tagar #BeaCukaiTerbaik juga ditemukan kritik terhadap Bea Cukai. Narasi yang diangkat masih serupa. Di antaranya tentang ketidakjelasan peraturan, layanan yang mengecewakan, korupsi pegawai, pemalakan oleh negara, preman berseragam, dan lain-lain,” tambah Nova Mujahid.

Selain itu, dia menilai tagar itu tidak mencerminkan suara publik yang nyata.

Tagar ini hanya terlihat beredar di Twitter, tidak ditemukan #BeaCukaiTerbaik di Facebook, Instagram, atau TikTok. Lazimnya, jika suatu isu menjadi perhatian publik luas, akan terjadi cross platform issue. Isu tersebut akan menjadi perbincangan di kanal lain,” tutur Nova.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #drone #emprit #sebut #tagar #cukai #terbaik #direspons #netizen #soal #polesan #buzzer

KOMENTAR