Kaesang Pangarep
Kaesang Pangarep yang terjun ke politik gabung di PSI. (Instagram/@kaesangp)
13:48
14 Mei 2024

Kaesang Pangarep

Kaesang Pangarep, Bsc merupakan putra bungsu Presiden ke-7 Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara, Iriana. Kaesang lahir pada 25 Desember 1994.

Kisah cinta Kaesang sempat menuai sorotan dengan wanita keturunan Tionghoa, Felicia Tissue. Setelah itu, adik Gibran Rakabuming Raka tersebut juga dikabarkan dekat dengan perempuan bernama Nadya Arifta.

Namun, Kaesang akhirnya menikahi seorang wanita bernama Erina Gudono, pada Sabtu 10 Desember 2022. Erina merupakan yang merupakan Puteri Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta 2022.

Potret Erina Gudono Umumkan Kehamilan. (Instagram/erinagudono)Potret Erina Gudono Umumkan Kehamilan. (Instagram/erinagudono)

Kaesang awalnya merupakan seorang pengusaha makanan. Ia dua kali terlihat memulai usaha, yaitu kaos kecebong dan kuliner pisang bernama Sang Pisang

Lelaki 29 tahun ini kemudian terjun ke dunia politik menjadi kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) pada 23 September 2023. Tak lama, Kaesang menjabat sebagai Ketua Umum PSI periode 2023–2028 menggantikan ketua sebelumnya, Giring Ganesha.

Kaesang memulai pendidikan dasar di SD Negeri 16 Mangkubumen Kidul, Laweyan, Solo, seperti juga kakaknya. Kemudian ia melanjutkan SMA di Singapura, Anglo-Chinese School International dengan program studi International Baccalaureat. 

Dia kemudian berkuliah di Singapore University of Social Sciences dan mengambil studi di jurusan komunikasi dan lulus dengan Gelar BSc di bidang Pemasaran dan mendapat penghargaan tertinggi di bidang kewirausahaan.

Mengutip Wikipedia, Kaesang memulai karier sebagai narablog yang kemudian mendapat sorotan karena merupakan seorang anak calon presiden.

Blognya menuai kontroversi karena menuliskan pengalaman tak sengaja makan babi di Singapura, yang kemudian mendapat perhatian karena panasnya keadaan Pilpres 2014 dan menyatakan rasa daging babi lebih enak dari kambing.

Kontroversi selanjutnya saat menertawakan orangtuanya sendiri yang senang memelihara kodok, sehingga memunculkan panggilan kecebong untuk simpatisan Jokowi.

Penampilannya dalam bentuk video dimulai dengan adu panco dengan Jokowi. Videonya banyak disukai dan akhirnya menciptakan kontroversi baru saat mengomentari akhir Pilkada DKI 2017 yang berakibat banyaknya demonstrasi dan pawai obor untuk mendesak dipenjarakannya Ahok. Ia memanggil mereka dengan sebutan "ndeso", yang berbuah tuntutan dari warganet lain.

Kaesang kemudian ikut memainkan peran kameo sebagai sopir taksi dalam film Cek Toko Sebelah yang dibintangi Ernest Prakasa.

Terbaru, nama Kaesang Pangarep santer dikabarkan masuk bursa calon Wali Kota Bekasi, Jawa Barat.

Editor: Eko Faizin

Tag:  #kaesang #pangarep

KOMENTAR