Agus Harimurti Yudhoyono
Agus Harimurti Yudhoyono. [Instagram agus yudhoyono]
10:32
14 Mei 2024

Agus Harimurti Yudhoyono

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) lahir di Bandung Jawa Barat pada 10 Agustus 1978. Ia adalah putra pertama dari pasangan Bapak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ibu Kristiani Herrawati.

AHY saat ini menjabat sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang, merangkap sebagai Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo. 

Ketua Umum Partai Demokrat ini menikah dengan Annisa Larasati Pohan, dan dikaruniai seorang putri, bernama Almira Tunggadewi Yudhoyono.

Latar belakang AHY adalah militer dan seorang politisi. Ia juga lulusan terbaik SMA Taruna Nusantara pada tahun 1997, meraih Bintang Garuda  Trisakti Tarunatama Emas.

AHY adalah lulusan terbaik Akademi Militer pada tahun 2000, meraih Bintang Adhi Makayasa dan Pedang Trisakti Wiratama. 

Selama 16 tahun, pria yang menjabat Menteri ATR/BPN ini meniti karier sebagai Perwira di jajaran TNI Angkatan Darat. 

Dia melaksanakan berbagai tugas latihan, pendidikan, dan operasi militer; baik di dalam, maupun luar negeri; termasuk sebagai pasukan perdamaian PBB di Lebanon Selatan pada tahun 2006-2007. 

Sebagian besar masa dinasnya dihabiskan di satuan tempur elite Lintas Udara Kostrad. Jabatan terakhirnya di militer adalah Komandan Batalyon Infanteri Mekanis 203, pasukan elite pengaman Ibu Kota Jakarta.

Pada September 2016, AHY mengakhiri pengabdian di militer untuk mengikuti kontestasi Pemilihan Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta.

Ia calon termuda ketika itu. Meskipun belum berhasil, AHY mendapatkan dukungan secara nasional atas sifat kesatria dan komitmennya untuk selalu mengabdi kepada masyarakat, bangsa dan negara. 

Dalam berbagai kesempatan, AHY terus mengajak seluruh generasi muda untuk bersinergi dan berkolaborasi membangun Indonesia menuju Indonesia Emas 2045.

Setelah Pemilu 2019, AHY kemudian dipercaya untuk menjadi Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat. Selama menjadi Wakil Ketua Umum, AHY melakukan perjalanan keliling nusantara, melakukan konsolidasi bersama para pemimpin dan kader utama partai yang dipimpinnya.

Pada Pemilu 2024, AHY memimpin langsung pemenangan Pemilu Legislatif 2024 Partai Demokrat, juga dalam pemenangan Pemilihan Presiden Prabowo-Gibran, yang berhasil memenangkan pemilu satu putaran versi hasil hitung cepat (21 Februari 2024).

Saat ini, AHY juga tengah menempuh pendidikan Doktoral bidang Pembangunan Sumber Daya Manusia, di Universitas Airlangga, Surabaya, Jawa Timur. Sejak awal, AHY fokus pada Sumber Daya Manusia sebagai modal utama kemajuan bangsa.

Editor: Eko Faizin

Tag:  #agus #harimurti #yudhoyono

KOMENTAR