Kondisi Terbengkalai Rumah Murah Program Jokowi di Cikarang bak Daerah Tak Berpenghuni
Kondisi Terbengkalai Rumah Murah Program Jokowi di Cikarang Mirip Daerah Tak Berpenghuni [Suarra.com/Mae Harsa]
10:00
7 Mei 2024

Kondisi Terbengkalai Rumah Murah Program Jokowi di Cikarang bak Daerah Tak Berpenghuni

Suasana hening menyelimuti kawasan perumahan Villa Kencana Cikarang, Kabupaten Bekasi. Rumah murah yang menjadi program Presiden Jokowi hari ini kondisinya banyak yang masih kosong.

Rumah yang dibangun sejak 2016 ini mayoritas dalam kondisi terbengkalai. Rumput dan ilalang menjulang tinggi menghiasi area luar rumah-rumah tak berpenghuni itu.

Meski begitu, sebelum memasuki area perumahan, kondisi jalan di komplek ini justru sangat ramai. Di sepanjang sisi jalan banyak toko, warung, maupun pedagang kaki lima.

Para wirausaha itu pun beraneka ragam, mulai dari pedagang kuliner, baju, sayuran, mainan anak, hingga pedagang hewan hias pun ada di sepanjang jalan depan perumahan itu.

Namun, suasana sebaliknya bakal berubah saat memasuki area dalam perumahan ini. Pada malam hari, suasana di dalam komplek terasa sangat sunyi, hanya ada suara jangkrik yang nyaring terdengar.

Kondisi Terbengkalai Rumah Murah Program Jokowi di Cikarang Mirip Daerah Tak Berpenghuni [Suara.com/Mae Harsa]Kondisi Terbengkalai Rumah Murah Program Jokowi di Cikarang Mirip Daerah Tak Berpenghuni [Suara.com/Mae Harsa]

Penerangan pun sangat minim, hanya rumah-rumah berpenghuni yang dilengkapi dengan lampu. Aktivitas kemasyarakatan juga tidak begitu terlihat di wilayah itu.

Beberapa rumah tak berpenghuni itu juga tidak dilengkapi dengan pintu. Tanaman liar pun bahkan tumbuh hingga ke area dalam rumah itu.

Salah satu warga yang tinggal di Villa Kencana, Heru mengatakan, kondisi seperti ini sudah biasa dirasakan olehnya dan sang istri.

“Ya kaya gini keadaannya, banyak yang kosong deretan sini aja cuma lima orang,” kata Heru saat ditemui di kediamannya, di Villa Kencana Blok J2, Senin (6/5/2024) malam.

Dalam satu baris, ada sekitar 16 bangunan rumah. Namun, yang sudah ditempai mayoritas kurang dari 10 rumah.

Heru menyebut, sebagian besar rumah yang nampak terbengkalai sebetulnya telah ada yang punya. Hanya saja, pemiliknya belum menempati rumah itu.

Rumah subsidi program Presiden Jokowi itu kata Heru, memang mayoritas dijadikan investasi saja oleh pemiliknya.

Para pemilik rumah biasanya tak rutin melakukan pengecekan, sekalipun ada biasanya dalam jangka waktu tahunan. Itulah sebabnya, banyak rumah yang tak terurus di wilayah itu.

“Ya memang keadaannya gini (masih banyak yang belum ditempati). Rata-rata memang cuma buat investasi aja,” ucapnya.

Heru pun mengaku dia baru dua tahun menempati rumahnya di Villa Kencana Cikarang. Lima tahun sebelumnya, rumah yang kini ditempati dibiarkan kosong begitu saja.

“Saya sudah 7 tahun. Ini juga baru dipake, kerjanya di sana (Jakarta) dulu bawa taksi. Ini menempatinya kita baru 2 tahun lah,” tuturnya.

Rumah subsidi itu dicicil Heru selama 17 tahun dengan total angsuran bulan sebesar Rp970 ribu.

Heru yang hanya tinggal berdua dengan sang istri mengaku tak memiliki rasa takut berlebih tinggal bersebelahan dengan rumah-rumah kosong.

Hanya saja, dia lebih mengkhawatirkan soal tindak kejahatan yang mungkin saja terjadi. Meski begitu, Heru bersyukur sejauh ini tak ada hal-hal yang tidak inginkan terjadi di wilayahnya.

“Gak takut (hantu) saya biasa jalan ke depan malam-malam. Tapi paling kejahatan doang takutnya,” tandasnya.

Kontributor : Mae Harsa

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #kondisi #terbengkalai #rumah #murah #program #jokowi #cikarang #daerah #berpenghuni

KOMENTAR