Dinilai Rugikan Timnas Indonesia, Wasit Shen Yinhao Jadi Public Enemy
Borok wasit Shen Yinhao dibongkar fans fanatik klub China. [X]
10:28
30 April 2024

Dinilai Rugikan Timnas Indonesia, Wasit Shen Yinhao Jadi Public Enemy

Laga semifinal Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia vs Uzbekistan berakhir 0-2 di Stadion Abdullah bin Khalifa Doha, Qatar, Senin (29/4/2024) malam.

Kekalahan skuad Garuda Muda Indonesia membuat wasit Shen Yinhao seolah menjadi public enemy alias 'musuh bersama'. Pasalnya, wasit asal China tersebut mengambil beberapa keputusan yang menimbulkan kontroversi, terutama yang berhubungan dengan teknologi VAR.

Tak sedikit masyarakat Indonesia yang menyayangkan tindakan Shen Yinhao. Bahkan banyak publik figur hingga warganet yang menghujat Shen Yinhao di media sosial.

Publik di Indonesia menganggap jika Shen Yinhao tidak adil dalam pertandingan semifinal tersebut. Setidaknya ada tiga momen penting yang memicu perdebatan.

Polemik tersebut di antaranya pembatalan tendangan bebas Indonesia, penghapusan gol yang dicetak oleh Muhammad Ferarri, dan pemberian kartu merah kepada Rizky Ridho.

Kemudian Shen Yinhao dianggap membuat beberapa keputusan aneh selama pertandingan, salah satunya adalah membiarkan permainan berlanjut saat Pratama Arhan mengalami pelanggaran keras yang mengancam pertahanan Indonesia.

Profil Shen Yinhao
Shen Yinhao lahir di Shanghai, China pada tanggal 6 November 1986. Ia memulai karirnya dalam memimpin pertandingan sepak bola sebagai wasit profesional sejak tahun 2013.

Karir internasionalnya diawali saat ia dipercaya memimpin pertandingan antara tim China U-23 melawan Suriah U-23 pada tanggal 24 Maret 2018, dan sejak itu ia sering terlibat dalam pertandingan-pertandingan penting di tingkat Asia.

Sampai saat ini, Shen Yinhao telah memimpin sebanyak 141 pertandingan dengan mengeluarkan total 498 kartu kuning, 12 kartu kuning yang berujung pada kartu merah, dan 12 kartu merah langsung, termasuk kartu merah yang diterima oleh Rizky Ridho.

Editor: Eko Faizin

Tag:  #dinilai #rugikan #timnas #indonesia #wasit #shen #yinhao #jadi #public #enemy

KOMENTAR