6 Tanda Anda Harus Mengurangi Kelonggaran Diri Sendiri Menurut Psikologi, Salah Satunya Tidak Bisa Tidur Nyenyak
Ilustrasi wanita yang mengalami stres menunjukkan dia perlu mengurangi kelonggaran terhadap dirinya sendiri (freepik/jcomp)
08:08
29 April 2024

6 Tanda Anda Harus Mengurangi Kelonggaran Diri Sendiri Menurut Psikologi, Salah Satunya Tidak Bisa Tidur Nyenyak

– Membahas mengenai pengembangan diri tentu sangat seru dan menarik terlebih jika dalam diri ada dorongan kuat untuk keluar dari zona nyaman.

Namun tak sedikit orang justru salah memahami tentang pengembangan diri tersebut. Sebagian dari mereka justru terjebak dalam lingkaran pusaran perfeksionisme dan standar yang tinggi.

Bahkan mereka memiliki keyakinan sendiri bahwa segala sesuatu yang kurang sempurna dapat diterima dan tiba-tiba mereka berperilaku seperti musuh diri mereka sendiri.

Sehingga mereka terlalu berusaha keras terhadap dirinya sendiri hingga memberikan dirinya menghadapi tugas-tugas yang tiada henti tanpa memikirkan kesehatan fisik dan mentalnya.

Apakah Anda juga pernah terjebak dalam pola ini? Jika iya, maka bisa menjadi tanda Anda harus mengurangi waktu luang Anda.

Dilansir dari laman The Vessel, terdapat beberapa tanda yang menunjukkan Anda harus benar-benar mengurangi waktu luang Anda diantaranya :

1. Pembicaraan diri Anda sebagian besar menjadi negatif

Apabila Anda memiliki sikap awal yang selalu bersemangat dan baik pada diri sendiri kemudian seiring berjalannya waktu perlahan-perlahan berubah menjadi orang yang sangat kritis dengan diri Anda sendiri maka hal ini bisa menjadi tanda Anda harus mengurangi waktu luang.

Hal ini juga merupakan salah satu bentuk sabotase diri yang menunjukkan bahwa semakin Anda mengkritik diri sendiri maka semakin Anda terhambat dalam hidup hingga menimbulkan keputusasaan yang lebih besar lagi.

Ketika Anda sering melakukan pembicaraan negatif pada diri sendiri maka Anda cenderung lebih stress.

2. Anda mengabaikan kemenangan Anda

Tanda kedua yang menunjukkan Anda harus mengurangi waktu luang adalah Anda sering mengabaikan kemenangan Anda karena Anda terlalu fokus pada apa yang belum Anda lakukan.

Anda selalu melihat segala sesuatu yang belum Anda capai sehingga Anda gagal memperhitungkan peningkatan yang telah Anda buat, kemenangan kecil dan keterampilan baru yang Anda peroleh.

Hal ini dikenal sebagai bias negatif. Artinya otak manusia cenderung lebih mengingat hal-hal negatif daripada hal yang positif.

3. Terus-menerus membandingkan diri Anda dengan orang lain

Tanda lain bahwa Anda perlu memberi kelonggaran pada diri sendiri adalah jika Anda berfokus pada kinerja Anda untuk dibandingkan dengan orang lain.

Para peneliti mengatakan bahwa meskipun perbandingan sosial dapat membantu kita beradaptasi dengan lingkungan, hal ini dapat menurunkan harga diri dan kesejahteraan secara keseluruhan jika dilakukan terlalu sering atau berlebihan.

4. Anda tidak bisa tidur nyenyak

Kurang tidur adalah tanda bahaya lain bahwa Anda memaksakan diri terlalu keras dan perlu mengurangi kelonggaran. Sejatinya tidur bukan untuk yang lemah namun untuk orang yang bijak.

Apabila Anda merasa pola tidur Anda berantakan dan tidak bisa tidur dengan nyenyak maka bisa jadi Anda terlalu keras dengan diri Anda sendiri.

Sehingga Anda perlu memberikan waktu luang untuk Anda agar sistem saraf Anda tidak terlalu tegar memikirkan segalanya.

5. Anda merasa lelah dan kewalahan

Kurang tidur menyebabkan tanda-tanda berikutnya mulai dari perasaan cemas, panik hingga depresi.

Hal ini terjadi karena Anda terlalu memaksakan diri hingga batas kemampuan Anda dan Anda ingin selalu berada di level tertinggi.

Pada dasarnya musuh terbesar diri Anda yaitu Anda sendiri. Sehingga Anda perlu memberi kelonggaran diri Anda dengan istirahat dan bersantai sejenak.

6. Mudah tersinggung

Apabila Anda terlalu memaksakan diri maka ada banyak gejolak batin yang terjadi.

Selain itu, Anda menghabiskan banyak energi untuk memenuhi tuntutan yang Anda berikan pada diri sendiri dan menyisakan sedikit ruang untuk kesabaran atau toleransi.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #tanda #anda #harus #mengurangi #kelonggaran #diri #sendiri #menurut #psikologi #salah #satunya #tidak #bisa #tidur #nyenyak

KOMENTAR