Ternyata Ini, Rahasia Awet Muda dan Bugar Pendiri Mustika Ratu di Masa Hidupnya
Potret pendiri Mustika Ratu Mooryati Soedibyo yang diunggah di akun X perusahaan. (Akun X @MustikaRatuIND)
12:24
24 April 2024

Ternyata Ini, Rahasia Awet Muda dan Bugar Pendiri Mustika Ratu di Masa Hidupnya

 

 

 - Mooryati Soedibyo, pendiri PT Mustika Ratu Tbk dan Yayasan Puteri Indonesia (YPI), diketahui telah tutup usia pada Rabu, (24/4) dini hari tadi. 

Mendiang Mooryati Soedibyo, tutup usia pada umurnya yang sudah mencapai 90 tahun ke-atas tepatnya di usia 96 tahun.

Meski demikian, Mooryati Soedibyo semasa hidup dikenal memiliki tubuh yang bugar dan energik.

Saat merayakan hari ulang tahunnya yang ke-92 pada 5 Januari 2020 lalu, dia tetap memancarkan pesona dengan penampilan yang prima, memesona, dan rapi.

Meskipun telah mencapai usia yang lanjut, Mooryati Soedibyo, cucu dari Sri Susuhunan Paku Buwono X dari Keraton Surakarta ini, terlihat jauh lebih muda dari usianya yang sebenarnya.

Salah satu faktor yang diketahui menjaga kebugaran Mooryati Soedibyo adalah kebiasaannya minum jamu.

Sejak masa remajanya, dia telah terbiasa mengkonsumsi ramuan herbal alami, dan hingga kini, dia masih menjaga kebiasaan tersebut. Menurutnya, manfaat jamu telah membantu menjaga tubuhnya tetap segar dan tampak awet muda.

Menurut penuturan Mooryati Soedibyo, ritual minum jamu merupakan bagian tak terpisahkan dari kesehariannya.

Dia mengungkapkan bahwa kebiasaan ini sudah menjadi bagian hidupnya sejak masa remaja, dan dia masih melakukannya hingga saat ini. Dia biasanya mengkonsumsi beras kencur yang dia racik sendiri di rumah.

"Sejak muda saya rajin minum jamu, saat ini pun saya masih rajin. Saya biasanya minum beras kencur yang saya buat sendiri di rumah," kata ibu dari 5 orang anak itu melalui keterangan tertulis.

Mooryati Soedibyo juga menekankan pentingnya mengikuti perkembangan zaman. Dia menyadari bahwa saat ini, jamu telah diolah secara modern, seperti Nge-Jamu Van oleh Mustika Ratu, untuk memastikan agar generasi muda tidak melupakan budaya minum jamu asli Indonesia.

Karena keahliannya dalam meracik jamu, Mooryati Soedibyo berhasil mendirikan perusahaan jamu dan kosmetik terkemuka di Indonesia, yaitu PT. Mustika Ratu, Tbk. Bisnis yang dimulainya dari garasi rumahnya terus berkembang dari tahun ke tahun.

Bisnis ini merupakan kebanggaan bagi Indonesia sebagai salah satu produk berkualitas tinggi yang menggunakan bahan-bahan alami dan dihasilkan dari sumber daya Indonesia, yang diminati oleh pasar global.

Produk-produk unggulan dari Mustika Ratu telah berhasil merambah pasar global, termasuk di Kanada, Amerika Serikat, dan Irak, serta rencananya akan segera memasuki pasar di Eropa dan Asia lainnya.

Mooryati Soedibyo, yang telah melalui perjalanan hidup di empat zaman, memberikan pesan kepada generasi milenial agar merawat kebudayaan bangsanya. Menurutnya, bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar, memiliki kekayaan melimpah, dan kebudayaan yang beragam. Oleh karena itu, kita harus merawat kekayaan budaya kita yang beragam ini.

"Bahwa bangsa ini adalah bangsa yang besar, kekayaannya melimpah, dan bangsa yang memiliki kebudayaan yang kaya. Rawatlah kebudayaan kita yang kaya ini, rawatlah kebudayaan kita yang beragam ini," katanya.

Kini, sosok wanita inspiratif ini telah pergi. Kepergian Mooryati Soedibyo tidak hanya meninggalkan duka mendalam bagi keluarga dan orang-orang terdekatnya, tetapi juga bagi seluruh bangsa Indonesia yang telah merasakan manfaat dari karya dan dedikasinya selama ini.

Semangat dan warisan kesuksesannya akan terus menginspirasi generasi mendatang dalam meraih mimpi dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan serta keindahan Indonesia.

  ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #ternyata #rahasia #awet #muda #bugar #pendiri #mustika #ratudi #masa #hidupnya

KOMENTAR