Bandara Sam Ratulangi Manado Kembali Beroperasi Pasca-Penutupan Akibat Abu Vulkanik
Aktivitas di Bandara Sam Ratulangi Manado, Sulut, Senin (22/4/2024). /Sumber Foto: (ANTARA/Nancy L Tigauw,)
15:08
22 April 2024

Bandara Sam Ratulangi Manado Kembali Beroperasi Pasca-Penutupan Akibat Abu Vulkanik

 

 

Usai penutupan selama kurang lebih lima hari, akibat pengaruh abu vulkanik dari Gunung Ruang, Bandara Sam Ratulangi di Manado, Sulawesi Utara, kembali dibuka dan beroperasi normal pada hari Senin, tepat pukul 12.01 WITA.

General Manager PT Angkasa Pura I untuk Bandara Sam Ratulangi, Maya Damayanti, mengumumkan di Manado bahwa bandara telah dibuka kembali. 

“Setelah penutupan yang berlangsung hampir lima hari, kami dengan gembira menginformasikan bahwa bandara kini telah dibuka dan operasi penerbangan telah kembali normal,” ujar Maya, dilansir dari Antara News, Senin (22/4).

Berdasarkan Notam A1041/24 NOTAMR A1021/24, telah diinformasikan bahwa Bandara Sam Ratulangi yang sempat ditutup sementara, kini telah resmi dibuka kembali.

Yanti Pramono, Humas Bandara Sam Ratulangi Manado, menambahkan bahwa pembukaan bandara pada Senin siang ini dilakukan setelah observasi menunjukkan bahwa aktivitas sebaran abu vulkanik Gunung Ruang sudah memungkinkan untuk dilanjutkannya penerbangan. 

“Kami akan terus melakukan pemantauan terhadap aktivitas Gunung Ruang untuk memastikan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan,” tambahnya.

Penutupan Bandara Sam Ratulangi berawal sejak Kamis, 18 April 2024, menyusul erupsi Gunung Ruang pada Selasa, 16 April 2024. 

Keputusan untuk memperpanjang penutupan bandara diambil pada Minggu, 21 April 2024, dan berlaku hingga hari Senin.

Erupsi Gunung Ruang dimulai pada sore hari tanggal 16 April 2024, setelah terdeteksi peningkatan aktivitas seismik. 

Status gunung tersebut mengalami perubahan sebanyak tiga kali dalam satu hari, dari status Normal menjadi Waspada, kemudian Siaga, dan akhirnya dinaikkan ke status Awas.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #bandara #ratulangi #manado #kembali #beroperasi #pasca #penutupan #akibat #vulkanik

KOMENTAR