MK Jamin Isi Putusan Hasil Sidang Sengketa Pilpres 2024 Tak Akan Bocor ke Publik
Hakim Konstitusi Saldi Isra bertanya kepada empat menteri dalam sidang lanjutan sengketa hasil Pilpres 2024 di Gedung MK, Jakarta, Jumat (5/4/2024). (DERY RIDWANSAH/ JAWAPOS.COM)
19:32
21 April 2024

MK Jamin Isi Putusan Hasil Sidang Sengketa Pilpres 2024 Tak Akan Bocor ke Publik

    - Mahkamah Konstistusi (MK) menjamin hasil rapat permusyawaratan hakim (RPH) terkait isi putusan sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) atau sengketa Pilpres 2024 tidak akan bocor. MK telah menerapkan serangkaian pengamanan dalam mengawal jalannya RPH konstitusi tersebut.   "Sejauh ini kita sudah menerapkan mekanisme pengamanan dalam arti itu ya, dalam arti supaya ketertutupan kerahasiaan RPH itu betul-betul terjamin," kata juru bicara MK Fajar Laksono di Gedung MK, Jakarta, Minggu (21/4).   Fajar menekankan, tidak boleh sembarangan orang hadir ke dalam RPH konstitusi. Bahkan, dirinya sendiri pun sampai saat ini tak mengetahui isi dari putusan sengketa hasil Pilpres 2024, yang akan secara resmi dibacakan pada Senin (22/4) besok.   "Kita sudah siapkan mekanisme, tidak boleh sembarangan orang hadir ada disitu, bahkan naik ke lantai itu pun tidak diperkenankan, tidak ada HP, tidak ada alat komunikasi sejauh itu yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir apapun yang terjadi di ruang RPH itu dikonsumsi oleh orang luar sebelum pengucapan putusan," tegas Fajar.   Fajar mengutarakan, delapan hakim konstitusi akan membacakan isi putusan dan petimbangan sidang secara bergiliran. Nantinya, mereka akan menjelaskan secara rinci terkait musyawarah hakim yang dijalankan secara voting atau tidak.  

  "Iya kita nanti bisa baca itu didalam putusannya, saya tidak tahu apa yang terjadi di ruang sidang, seperti apa pembahasan, pengambilan keputusannya, tapi yang pasti aturan mengenai itu sudah pernah saya sampaikan, bagaimana kalau delapan hakim konstitusi mengalami suara yang sama, bukan deadlock ya, saya memastikan tidak akan deadlock, pasti akan ada pengambilan keputusan. Tapi, apapun itu mekanismenya sesuai dengan ketentuan itu, kita baru tahu nanti ketika pembacaan putusan," pungkas Fajar.  

Editor: Kuswandi

Tag:  #jamin #putusan #hasil #sidang #sengketa #pilpres #2024 #akan #bocor #publik

KOMENTAR