Bunga Bangkai di Kebun Raya Cibodas Mekar hingga 3 Meter
DAYA TARIK: Pegawai BRIN meninjau bunga bangkai (Amorphophallus titanum Becc) yang sedang mekar di Kebun Raya Cibodas kemarin (19/4). (HUMAS BRIN)
14:08
20 April 2024

Bunga Bangkai di Kebun Raya Cibodas Mekar hingga 3 Meter

Bunga bangkai di Kebun Raya Cibodas mekar. Tingginya mencapai 3 meter. Momen itu sekaligus menjadi kado ulang tahun ke-172 Kebun Raya Cibodas yang jatuh pada 11 April lalu.

Bunga bangkai yang mekar itu merupakan hasil semaian biji yang ditanam pada 2004. Merujuk informasi dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), bunga bangkai (Amorphophallus titanum Becc) yang mekar itu tercatat sebagai nomor koleksi 76.

Bunga bangkai tersebut berasal dari induk tanaman koleksi no 28. Asalnya dari Sungai Manau di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, Sumatera Barat. Tanaman itu dikoleksi alm R. Subekti Burwantoro dkk.

Peneliti BRIN Destri menuturkan, ketinggian bunga bangkai kali ini melebihi sebelumnya. Hal itu terjadi karena pertumbuhan vegetatifnya bagus. ”Sehingga dengan sendirinya menghasilkan umbi yang lebih besar,” ujarnya kemarin (19/4).

Destri menuturkan, induk tanaman bunga bangkai di Kebun Raya Cibodas sudah berumur sekitar 35 tahun. Sehingga masuk dalam tanaman herba perennial. Jumlah koleksi tanaman bunga bangkai yang ada di Kebun Raya Cibodas sebanyak 10 nomor spesimen.

Destri menjelaskan, tanaman yang masuk keluarga talas-talasan (Araceae) itu merupakan tanaman asli Indonesia endemik Sumatera. Tanaman tersebut ditemukan oleh Dr Odoardo Beccari pada 1878 di sekitar air terjun Lembah Anai, Sumatera Barat.

Tanaman bunga bangkai memiliki sejumlah keunikan. Salah satunya adalah aroma yang khas seperti bangkai. Selain itu, ia memiliki perbungaan terbesar di dunia atau disebut The Giant Inflorescence in the World. (wan/c18/bay)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #bunga #bangkai #kebun #raya #cibodas #mekar #hingga #meter

KOMENTAR