Dishub segera Rilis Dua Koridor Baru Bus Trans Jatim di Bulan Agustus dan Oktober 2024, Ini Rutenya
Bus Trans Jatim Akan dilaunching lagi yaitu rute Koridor IV yakni Bunder (Gresik) - Paciran (Lamongan) dan Koridor V yakni Surabaya Bangkalan. (Dok. Hendrik)
19:08
18 April 2024

Dishub segera Rilis Dua Koridor Baru Bus Trans Jatim di Bulan Agustus dan Oktober 2024, Ini Rutenya

Guna memperluas konektivitas, Dinas Perhubungan Jawa Timur (Dishub Jatim) beri sinyal segera me-launching dua koridor Bus Trans Jatim pada tahun 2024 ini. 

Dilansir JawaPos.com dari Surabaya Bangkalan.

Rencana pembukaan dua koridor baru bus Trans Jatim tersebut juga telah dikonfirmasi secara langsung oleh Kepala Dishub Jatim, Nyono, pada Rabu (17/4) lalu 

"Koridor IV akan dilaunching bulan Agustus, sedangkan koridor V bulan Oktober mendatang," ujar Nyono, Rabu (17/4).

Lebih lanjut, Nyono juga mengungkapkan bahwa pihaknya bakal menyediakan setidaknya 15 unit bus pada Koridor IV. Yakni 14 unit bus yang akan beroperasi dan 1 unit cadangan. 

"Untuk armada ini kita lihat perkembangan report demand (laporan permintaan) dulu. Jadi nantinya koridor ini start mulai Bunder Gresik hingga Pelabuhan Paciran Lamongan hanya dikenakan tarif Rp5000," katanya.

Nyono menuturkan, cikal bakal dilaunchingnya Koridor IV ini lantaran banyaknya keluhan masyarakat yang mengaku kesulitan dalam mendapatkan kendaraan umum ketika sambang pondok ke Kawasan Paciran Lamongan. 

"Nantinya bus ini akan melewati Sedayu hingga Pelabuhan Paciran. Jadi kalau mau ke WBL (Wisata Bahari Lamongan) bisa turun di depan langsung," jelasnya.

Sementara itu, untuk Koridor V (Surabaya - Bangkalan), Nyono mengatakan, rutenya akan melewati Kawasan Wisata Religi Sunan Ampel Surabaya, kemudian Suramadu, dan kawasan Makam Syaikhona Kholil Bangkalan Madura. 

Sehingga, menurutnya selain jadi alat transportasi umum sehari-hari masyarakat, bus ini juga bisa digunakan sebagai alat transportasi untuk wisata religi. "Jadi Bus Trans Jatim koridor V ini memang bisa digunakan sebagai sarana wisata religi," katanya.

Nyono juga menambahkan bahwa, jumlah armada yang disediakan untuk koridor ini sama seperti Koridor V yakni 15 unit, 14 beroperasi dan 1 untuk cadangan. 

Selain itu, untuk mendukung rute sepanjang 59 km tersebut, Bus Trans Jatim Surabaya - Bangkalan nantinya akan disediakan sebanyak 8 halte di rute yang dilalui.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #dishub #segera #rilis #koridor #baru #trans #jatim #bulan #agustus #oktober #2024 #rutenya

KOMENTAR