Intip Fasilitas Bus Trans Jatim Tipe Luxury Class yang Bakal Diluncurkan Dishub pada Agustus 2024 Mendatang
Bus Luxury Trans Jatim bakal segera beroperasi untuk memberikan fasilitas kepada segmen menengah atas. (Ilustrasi/Radar Gresik)
19:56
16 April 2024

Intip Fasilitas Bus Trans Jatim Tipe Luxury Class yang Bakal Diluncurkan Dishub pada Agustus 2024 Mendatang

 

Ada kabar baik untuk masyarakat Jawa Timur (Jatim) khususnya para pengguna Bus Trans Jatim.

Pasalnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim melalui Dinas Perhubungan (Dishub) bakal segera meluncurkan layanan bertipe Luxury.

Dilansir Radar Gresik (JawaPos Grup), Selasa (16/4), rencananya, bus mewah tersebut akan mulai beroperasi di koridor I.

Alasanya, karena koridor I sudah mengalami lonjakan permintaan dengan tingkat muat di atas 130 persen.

Untuk diketahui, Bus Trans Jatim Koridor I mencakup perjalanan antara Sidoarjo, Surabaya, dan Gresik. Nantinya, rute yang dilewati tersebut akan menjadi rute utama bagi Luxury Bus Trans Jatim.

Terkait harga tiket Bus Trans Jatim tipe Luxury itu, Kepala Dishub Jatim, Nyono, mengonfirmasi bahwa layanan ini akan dikenakan tarif komersial sebesar Rp 20.000.

Selain tarifnya yang menggiurkan, Bus Luxury Trans Jatim juga akan menggunakan berbagai jenis bus, mulai dari yang berukuran 3/4 hingga bus besar. Bus-bus tersebut bakal dilengkapi dengan fasilitas sekelas bus patas.

Nyono menjamin, peluncuran ini akan bisa membuat penumpang menikmati kenyamanan yang maksimal. Salah satunya, jaminan tidak akan ada yang berdiri di dalam bus dan adanya pramugari yang siap membantu.

"Tempat duduknya nyaman, penumpang tidak ada yang berdiri dan ada pramugarinya," ujar Nyono dikutip Radar Surabaya (JawaPos Grup), Senin (15/4).

Lebih jauh Nyono mengungkapkan bahwa, Bus Luxury Trans Jatim ini akan beroperasi pada jam-jam sibuk. Sehingga, dapat memberikan layanan yang maksimal kepada masyarakat.

"Tujuannya menjaring masyarakat kalangan menengah atas. Jangan sampai subsidi yang kami berikan yakni dengan tarif Rp 5.000 ini diterima oleh pegawai di Gresik yang gajinya sudah Rp10 juta ke atas," katanya.

"Jadi yang 30 persen bus Trans Jatim Koridor I dengan tarif Rp 5.000 ini tetap akan beroperasi pada jam-jam tidak sibuk, sehingga masyarakat kalangan menengah bawah tetap bisa terlayani," lanjutnya.

Nantinya, peluncuran resmi Bus Luxury Trans Jatim ini bakal dilakukan langsung oleh Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono pada bulan Agustus 2024 mendatang.

Rencana tindak lanjutnya, jika nanti tingkat muatan di koridor lain juga mencapai di atas 100 persen, Bus Luxury Trans Jatim akan segera diperluas ke koridor tersebut.

Selain peluncuran Bus Trans Jatim bertipe Luxury ini, Pak Pj juga memerintahkan agar Trans Jatim bisa segera menggunakan bus listrik.

Pada pertemuan dengan Dubes Ceko beberapa waktu lalu, Skoda Group (perusahaan bus listrik) tertarik untuk bekerja sama terkait pengembangan moda transportasi digital berbasis elektrik. 

"Rencananya, jika sudah ada kesepakatan bus listrik Skoda ini akan kita letakkan di Koridor I. Tapi untuk Luxury Trans Jatim yang akan kita launching ini sudah menggunakan mesin Euro4 yang rendah emisi," terangnya.

Lalu, pemprov Jatim juga menunjukkan keseriusannya dalam upaya meningkatkan kualitas layanan Trans Jatim dengan merilis fitur baru pada aplikasi Trans Jatim - Ajaib pada bulan Agustus nanti.

Fitur tersebut akan memberikan notifikasi tentang daerah-daerah rawan dan titik perlintasan kereta api yang tidak dilengkapi palang pintu.

Sehingga harapannya, pengguna aplikasi dapat lebih waspada dan tidak tergantung pada Bus Trans Jatim untuk mendapatkan informasi tersebut.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #intip #fasilitas #trans #jatim #tipe #luxury #class #yang #bakal #diluncurkan #dishub #pada #agustus #2024 #mendatang

KOMENTAR