One Way Km 72 Tol Cipali Sampai GT Kalikaling Kembali Diberlakukan Hari Ini Sampai Pukul 24.00 WIB
Sejumlah kendaraan memanfaatkan aturan one way menjelang Gerbang Tol Cikampek Utama menuju arah Tol Cipali di Karawang, Jawa Barat, Sabtu (6/4/2024). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 
09:43
8 April 2024

One Way Km 72 Tol Cipali Sampai GT Kalikaling Kembali Diberlakukan Hari Ini Sampai Pukul 24.00 WIB

Hari ini memasuki H-2 Lebaran hari ini, Senin, 8 April 2026, Korlantas Polri akan kembali memberlakukan rekayasa lalu lintas one way mulai dari Km 72 Tol Cipali, Jawa Barat sampai KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung, Jawa Tengah.

Sebenarnya jika mengacu pda Surat Keputusan Bersama (SKB) rekayasa itu hanya diterapkan sampai Minggu (7/4/2024) pukul 24.00 WIB.

Namun, Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan menyebut, perpanjangan skema one way ini dilakukan penerapannya hingga Senin (8/4/2024) pukul 24.00 WIB.

"Yang semula dijadwalkan tanggal 7 April 2024 ini kami jadwalkan pukul 24.00 untuk rekayasa lalu lintas one way dan seterusnya dihentikan, untuk kegiatan rekayasa lalu lintas menuju ke timur ini kami akan teruskan, lanjutkan, sampai dengan nanti kami evaluasi besok," kata Aan kepada wartawan, Minggu.

Hal itu, ujar dia, dilakukan karena terjadinya peningkatan volume kendaraan ke arah Tol Trans Jawa.

"Jadi 3 jam berturut-turut dari mulai jam 8, 9, 10, ini ada peningkatan yang signifikan untuk arus lalu lintas yang menuju ke Trans Jawa arah timur," ucapnya.

"Kemudian pantauan dari CCTV juga demikian, dari sumber yang ada, mulai dari selatan Jatiasih, kemudian dari arah Sumatra masuk ke Tol Dalam Kota ini juga tinggi, kemudian dari utara Rorotan juga ada peningkatan," sambung Aan.

Jika terjadi penurunan volume kendaraan, ia menuturkan bahwa pihaknya akan melakukan relaksasi.

"Tapi apabila ini masih meningkat, kami akan teruskan," tutur jenderal bintang dua tersebut.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkap salah satu langkah dari pihak kepolisian guna mengurai kemacetan selama arus mudik dan balik lebaran, adalah dengan menambah beberapa pintu exit tol.

Ia mengungkapkan itu usai meninjau kesiapan mudik di Gerbang Tol Kalikangkung KM 414, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (3/4/2024) sore.

"Pada titik-titik exit tol, nantinya juga akan disiapkan petugas tambahan dengan mesin card reader untuk mempercepat arus lalu lintas," ujarnya.

Listyo Sigit menuturkan, dari data milik Kementerian Perhubungan (Kemenhub), diperkirakan terjadi peningkatan jumlah pemudik hingga 56 persen pada lebaran tahun ini.

"Diperkirakan jumlah pemudik yang melalui Gerbang Tol Kalikangkung juga bakal meningkat sebesar 4 persen. Sementara pada arus balik, diprediksi bakal terjadi peningkatan hingga 1,5 persen," tuturnya.

"Sehingga ini membutuhkan perhatian khusus, ada tiga hal yang menjadi perhatian kami. Pertama bagaimana agar kemacetan bisa diurai dengan baik," sambung jenderal bintang empat itu.

Dia sudah meminta jajarannya untuk memberikan informasi kepada masyarakat jika kembali terjadi banjir di beberapa wilayah Jawa Tengah.

"Kalau tidak salah ada 11 titik yang sempat terlanda banjir dan sudah disiapkan jalur alternatif. Nanti mohon ini juga diinformasikan ke masyarakat sehingga jalur alternatif tersebut bisa jadi pilihan pada saat hujan tergenang," kata dia.

Selain mengurai kemacetan dengan menambah beberapa pintu exit tol, Listyo Sigit mengungkap hal utama yang menjadi prioritas dalam rangka persiapan mudik Lebaran tahun ini adalah mengurangi jumlah kecelakaan lalu lintas.

Menurut eks Kabareskrim Polri ini, hal itu penting dilakukan agar seluruh masyarakat yang melaksanakan mudik dapat kembali ke daerah asal dengan selamat.

Ia juga mengimbau kepada para pemudik agar tidak memaksakan diri selama berkendara ke kampung halaman. Masyarakat yang sudah lelah dapat memanfaatkan rest area hingga posko-posko yang sudah disediakan.

Listyo Sigit pun meminta agar masyarakat tak beristirahat di bahu jalan lantaran dapat membahayakan pengendara lain serta menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

"Ada rest area yang bisa digunakan untuk istirahat sebentar namun juga disiapkan jalur exit mengarah ke jalur arteri yang tentunya banyak tempat bisa digunakan untuk istirahat," ucapnya.

Masyarakat yang sudah bisa melaksanakan mudik diimbau Listyo Sigit untuk langsung memulai perjalanan.

Ia berharap dengan melaksanakan mudik lebih awal akan dapat mengurangi beban arus lalu lintas saat puncak arus mudik Lebaran.

"Walaupun kami menggunakan rekayasa one way, tentunya apabila semuanya memilih itu akan sangat padat dan terjadi kemacetan," ujar dia.

Selain itu, masyarakat dapat memanfaatkan program mudik gratis yang disiapkan pada 6 dan 7 April 2024.

"Silakan menghubungi Korlantas atau Polda setempat. Dari Kemenhub ada, Kementerian BUMN juga ada," tandas Jenderal Listyo Sigit.

Editor: Choirul Arifin

Tag:  #cipali #sampai #kalikaling #kembali #diberlakukan #hari #sampai #pukul #2400

KOMENTAR