Rieke Diah Pitaloka Minta Kejagung Cekal Direksi PT Timah, Termasuk Keluarganya
Rieke Diah Pitaloka . [dokumentasi Rieke Diah Pitaloka]
03:16
5 April 2024

Rieke Diah Pitaloka Minta Kejagung Cekal Direksi PT Timah, Termasuk Keluarganya

Artis sekaligus politikus Rieke Diah Pitaloka menjadi salah satu salah satu anggota DPR RI yang paling vokal dalam menyuarakan kasus korupsi PT Timah yang menyeret nama suami Sandra Dewi, Harvey Moeis serta Helena Lim.

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @lambe_danu Rieke Diah Pitaloka meminta Kejaksaan Agung RI mengusut kasus korupsi timah dengan detail.

Rieke Diah Pitaloka mendesak adanya pencekalan kepada tersangka sekaligus keluarga tersangka Korupsi Timah. Ia menyebut dengan nilai korupsi yang fantastis tersebut banyak hal yang bisa dilakukan tersangka untuk dapat terhindar dari hukuman.

Baca Juga:

Ternyata Lesti Kejora Pernah Minta Hibah Tas Mewah Helena Lim, Bisa Ditetapkan Jadi Tersangka?
 Edit Unpublish

"Saya mendukung Kejaksaan Agung untuk keluarkan surat pencekalan bagi siapapun yang terindikasi kuat terlibat termasuk para direksi," ucap Rieke.

"Termasuk keluarganya untuk pencekalan, pencekalan sementara setidaknya karena ini angkanya fantastis ya dengan kepemilikan uang sebesar itu orang bisa ngilang kemana pun, bisa juga operasi wajah dan sebagainya," imbuhnya lagi.

Dikutip dalam video itu, Rieke Diah Pitaloka juga menduga bahwa urusan perizinan PT Timah tidak hanya urusan Kementerian BUMN, namun melibatkan kementerian dan lembaga lain.

"Tapi ini direksi dari tahun 2015 cukup panjang ya sehingga jangan hanya 16 orang yang disasar, jangan hanya swasta yang disasar tetapi oknum-oknum di internal PT timah dan jika ada di Kementerian lainnya," ungkapnya kemudian.

"Karena izin itu juga menyangkut Kementerian lainnya, saya minta secara terbuka mendukung sekali lagi Kejaksaan Agung untuk mencekal siapa pun termasuk juga keluarganya karena suka ada juga yang titip-titip ya," lanjut Rieke.

Selain pencekalan Rieke Diah Pitaloka juga meminta adanya penyelidikan mengenai potensi tindak pidana pencucian uang dalam kasus tersebut.

Unggahan itu pun langsung mendapat beragan reaksi dari netizen di kolom komentarnya. Tak sedikit bahkan yang memberikan pujian kepada pemain Bajaj Bajuri tersebut.

"Oneng istri bajuri pintar banget (emoji tepuk tangan 5x)," kata akun @el****to.

"Baru kali ini setuju sama rieke Diah pitaloka (emoji api 2x)(emoji tepuk tangan)," imbuh @li****29.

"Rieke ini dari PDIP kan... Yuk bisa yukkk disahkan UU Perampasan Aset," cuit @ec****is.

"pejabat daerah masa ga tau, pertambangan ilegal sdh bgt luas dan lama," ungkap @so****d.

"Oneng beraksi karan partainya nya kalah jadi presiden, kemarin kemana aja selama 8 tahun tanpa suara (emoji ketawa)," timpal @fi****91.

Kontributor : Mira puspito

Editor: Hairul Alwan

Tag:  #rieke #diah #pitaloka #minta #kejagung #cekal #direksi #timah #termasuk #keluarganya

KOMENTAR