Binus  University Hadirkan Nusameta Borobudur Dukung Wisata Digital
Dikemas dalam Talkshow “The Future of Metaverse: How to Feel Immersive Learning and Become Creator Economy” acara TECH DAY kali ini membahas potensi Nusameta sebagai platform untuk pengalaman belajar (Istimewa)
16:32
3 April 2024

Binus University Hadirkan Nusameta Borobudur Dukung Wisata Digital

Binus University berkolaborasi dengan Nusameta menghadirkan Nusa Borobudur sebagai platform Metaverse inklusif di Indonesia. Proyek ini dikembangkan dengan menawarkan pengalaman virtual dalam memanfaatkan teknologi untuk membawa pendidikan dan pariwisata ke era inovatif.

Dikemas dalam Talkshow “The Future of Metaverse: How to Feel Immersive Learning and Become Creator Economy” acara Tech Day kali ini membahas potensi Nusameta sebagai platform untuk pengalaman belajar yang imersif.

Peserta mendapatkan pemahaman tentang bagaimana Nusameta dapat merevolusi cara kita belajar dan berinteraksi dengan konten pendidikan. Diskusi berfokus pada bagaimana Nusameta memungkinkan pengalaman belajar yang lebih mendalam dan interaktif.

Diskusi membahas berbagai contoh penerapan Metaverse dalam pendidikan, termasuk simulasi, tur virtual, dan pengajaran berbasis permainan.

“Dengan langkah kita memanfaatkan teknologi dan kreatifitas yang berbasis lokal, Nusameta dapat menciptakan pengalaman belajar yang bisa membantu imajinasi siswa masuk ke dalam budaya dan tradisi dengan gaya mereka sendiri. Ini membuka pintu untuk memperdalam pemahaman tentang warisan budaya dan nilai-nilai tradisional dengan kearifan lokalnya”, ujar Budianto, selaku Chief Product and Development Officer of Nusameta.

School of Information Systems Binus University menghadirkan Nusa Borobudur yang menjadi sebuah inovasi untuk meningkatkan kepuasan wisatawan, memberikan pengalaman imersif, serta meningkatkan pemahaman tentang sejarah dan budaya lokal selama berwisata.

“Saya melihat Nusa Borobudur di Nusameta dapat menjadi sarana untuk memperkenalkan dan memperkuat keberagaman budaya Indonesia kepada siswa di seluruh negeri. Ini dapat memperdalam pemahaman mereka tentang nilai-nilai budaya yang kaya dan merangsang minat dalam melestarikan dan mempromosikan keberagaman budaya Indonesia”, ujar Syaifullah, Direktur Manajemen Industri, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Prof. Meyliana juga menyatakan bahwa “Nusa Borobudur adalah bukti nyata kontribusi Binus University sebagai kampus pertama yang hadir di platform metaverse Nusameta.

Proyek Nusa Borobudur merupakan hasil karya dari Binusian, yaitu Ibu Siti Elda Hierera, seorang dosen di School of Information Systems yang juga sedang menempuh studi S3 di BINUS University. Kolaborasi antara akademisi dan mahasiswa ini menciptakan sebuah inovasi yang tidak hanya memiliki nilai akademis, tetapi juga dampak praktis yang signifikan dalam meningkatkan pengalaman pariwisata digital di Indonesia.

Dengan Nusameta Borobudur, diharapkan mahasiswa dapat mendapatkan pengalaman pembelajaran yang lebih dalam dan interaktif, serta akses pendidikan berkualitas bagi semua lapisan masyarakat di Indonesia.

 

Editor: Mohamad Nur Asikin

Tag:  #binus #university #hadirkan #nusameta #borobudur #dukung #wisata #digital

KOMENTAR