DPR Soal Diskon Tarif Jalan Tol Saat Mudik Lebaran: Bisa Gratis Gak Seperti di Malaysia?
Foto udara sejumlah kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. [Antara/M Risyal Hidayat]
19:56
2 April 2024

DPR Soal Diskon Tarif Jalan Tol Saat Mudik Lebaran: Bisa Gratis Gak Seperti di Malaysia?

Ketua Komisi X DPR RI, Lasarus mempertanyakan tarif tol saat momen Lebaran Idul Fitri 2024 tidak langsung digratiskan. Lasarus langsung menanyakan hal itu kepada Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

"Ada hal baru ya, hari ini di mana tol memberikan diskon, tadi kita juga minta, 'bisa nggak sih digratisin sekalian? Sanggup nggak teman-teman?' Terus dari Pak Menteri bilang, 'kalau digratiskan betul khawatir nanti stuck di tolnya'," kata Lasarus kepada wartawan di Kompleks DPR, Jakarta Pusat, Selasa (2/4/2024).

Lasarus kemudian membandingkan dengan kebijakan di Malaysia yang memberi gratis ruas jalan tol selama dua hari. Sementara di Indonesia, Lasarus mengatakan ada diskon jalan tol selama 6 hari.

"Kemudian untuk tahun ini memang kalau betul 190 sekian juta orang bergerak ini tantangan bagi pemerintah. Kami dari DPR berharap stakeholder dengan pemerintah sudah bilang ke teman-teman angkutan transportasi betul-betul bisa bekerjasama dengan baik," tuturnya.

"Ini tantangan yang menurut saya luar biasa yang kita hadapi mudik dan balik lebaran," lanjut Lasarus.

Seperti diketahui, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan ada sejumlah ruas jalan tol yang diberi diskon selama mudik Lebaran Idul Fitri 2024.

Hal tersebut disampaikan Basuki dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Selasa (2/4).

"Terima kasih dan alhamdulillah kepada Asosiasi Tol Indonesia yang telah menginisiasi memberikan diskon tol kepada ruas-ruas jalan tol. Ini kami sebutkan masing-masing karena juga masing-masing punya BUJT sendiri," kata Basuki.

Basuki mengatakan pihak pengelola tol memberikan diskon hingga 20 persen bagi masyarakat saat momen mudik Lebaran. Dia menyebut diskon tersebut berlaku di ruas jalan tol yang ada di Jawa dan Sumatera.

"Diskon yang diberikan Trans Jawa ini adalah 20 persen dan jalan tol Trans Sumatera yaitu masing-masing juga 20 persen," imbuhnya.

Berikut daftar ruas jalan tol yang diberi diskon:

1. Tol Tangerang-Merak
2. Tol Jakarta-Cikampek
3. Tol Jakarta-Cikampek Elevated (MBZ)
4. Tol Cikopo-Palimanan
5. Tol Palimanan-Kanci
6. Tol Kanci-Pejagan
7. Tol Pejagan-Pemalang
8. Tol Pemalang-Batang
9. Tol Batang-Semarang
10. Tol Semarang ABC
11. Tol Jombang-Mojokerto
12. Tol Indralaya-Prabumulih
13. Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung.

Adapun diskon tarif tol ini berlaku untuk semua golongan kendaraan yang melintas. Diskon tarif tol saat mudik akan diberlakukan pada 3 April 2024 pukul 05.00 WIB sampai 5 April 2024 pukul 05.00 WIB.

Lalu, diskon tarif tol dilanjutkan pada 17 April 2024 pukul 05.00 WIB sampai 19 April 2024 pukul 05.00 WIB.

Editor: Erick Tanjung

Tag:  #soal #diskon #tarif #jalan #saat #mudik #lebaran #bisa #gratis #seperti #malaysia

KOMENTAR