Selamat Hari Buku Anak Internasional! Mari Tingkatkan Minat Membaca Pada Anak
Ilustrasi sekumpulan anak-anak sedang membaca. (Sumber: freepik).
18:32
2 April 2024

Selamat Hari Buku Anak Internasional! Mari Tingkatkan Minat Membaca Pada Anak

Hari Buku Anak Internasional, yang biasanya dirayakan pada 2 April, bertepatan dengan hari ulang tahun penulis Denmark, Hans Christian Anderson

Tujuan Hari Buku Anak Internasional adalah untuk mendorong dan meningkatkan minat membaca pada anak-anak.

Bersamaan dengan hal tersebut, Hari Buku Anak Internasional juga menyoroti karya-karya buku anak-anak yang ditulis oleh Hans Christian Anderson, termasuk dongeng-dongeng terkenalnya seperti 'Pakaian Baru Kaisar', 'Putri Duyung Kecil', 'Burung Bulbul', 'Ratu Salju', 'Itik Jelek', 'Gadis Pencocokan Kecil', dan 'Thumbelina'.

Dilansir dari daysoftheyear.com, Selasa (2/4), Hari Buku Anak bertujuan untuk mempromosikan kecintaan akan buku di seluruh dunia, terutama pada buku anak-anak. 

Diciptakan oleh International Board On Books For Young People (IBBY), setiap tahun berbagai bagian IBBY menjadi sponsor internasional Hari Buku Anak. 

Sponsor memiliki kebebasan untuk memilih tema dan mengundang penulis serta ilustrator terkemuka untuk merancang poster promosi. Informasi terkait acara Hari Buku Anak dapat ditemukan di situs web IBBY. 

Meskipun tidak wajib berhubungan dengan IBBY, perpustakaan dan sekolah sering berpartisipasi dalam perayaan ini. 

Membaca bersama anak adalah cara bagus untuk merayakan Hari Buku Anak dan memiliki manfaat besar, termasuk meningkatkan imajinasi, kosa kata, dan koneksi saraf otak, serta meningkatkan kepercayaan diri dan moral anak.

Sejarah Hari Buku Anak Internasional

Buku-buku favorit masa kecil kita tidak hanya menciptakan dunia imajinasi yang memikat, tetapi juga menghadirkan nostalgia yang hangat saat kita mengingatnya. 

Pada tahun 1967, International Board on Books for Young People (IBBY) mendirikan Hari Buku Anak sebagai bagian dari upayanya untuk mempromosikan literasi dan kegiatan membaca anak-anak secara global. 

IBBY terus berdedikasi untuk mendukung penulis dan buku anak-anak, serta menyelenggarakan berbagai acara di sekolah dan perpustakaan di seluruh dunia untuk mendorong minat membaca anak-anak.

Bagaimana Cara Merayakannya?

Apa cerita kesukaanmu di masa kecil? Hari Buku Anak mendorong Anda untuk mengenangnya dan menghidupkannya kembali, mungkin dengan membacakan cerita tersebut kepada anak-anak atau cucu Anda. 

Telusuri kenangan Anda dan pikirkan momen ketika Anda pertama kali mendengar kisah-kisah tersebut, serta apa artinya bagi Anda. 

Mungkin itu adalah suara lembut seorang nenek yang membacakan petualangan Beruang Berenstain, atau kenangan akan kelucuan Peter Rabbit di taman Tuan McGregor yang membuat Anda tertawa.

Hari Buku Anak memberi Anda kesempatan untuk menghidupkan kembali kenangan tersebut, dan setelah selesai membacanya, Anda mungkin ingin berbagi pengalaman tersebut dengan orang lain. 

Sekolah dan perpustakaan menyambut sumbangan buku dan waktu selama hari libur ini, memberikan kesempatan untuk berbagi kekayaan literatur dengan generasi mendatang. 

Sebarkan cinta membaca pada anak-anak di Hari Buku Anak, dan bantu kembangkan imajinasi generasi selanjutnya.

Tentu saja, tujuan utama Hari Buku Anak adalah untuk menginspirasi minat membaca pada anak-anak! Ada banyak cara untuk mencapai hal ini. Anda dapat pergi ke perpustakaan setempat bersama anak-anak. 

Atau, Anda bisa memesan buku secara online sebelumnya. Tidak sulit untuk menemukan buku yang sesuai dengan minat dan usia anak-anak Anda secara online. 

Cukup lakukan pencarian cepat dan Anda akan menemukan saran buku yang disesuaikan dengan rentang usia tertentu. 

Misalnya, untuk anak-anak usia enam hingga delapan tahun, Anda mungkin ingin mempertimbangkan buku seperti "Kelinci Itu Milik Emily Brown" karya Cressida Cowell. 

Sedangkan untuk anak-anak yang lebih kecil, "The Tiger Who Came to Tea" karya Judith Kerr bisa menjadi pilihan yang baik.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #selamat #hari #buku #anak #internasional #mari #tingkatkan #minat #membaca #pada #anak

KOMENTAR