Unair Surabaya Menerima 1.895 Calon Mahasiswa Baru melalui SNBP 2024
Rektor Universitas Airlangga Prof Dr Mohammad Nasih SE MT Ak (SUGENG DEAS/JAWA POS)
22:40
26 Maret 2024

Unair Surabaya Menerima 1.895 Calon Mahasiswa Baru melalui SNBP 2024

 

-Universitas Airlangga (Unair) Surabaya telah menerima sebanyak 1.895 calon mahasiswa baru melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) pada tahun 2024. Menurut Rektor Unair, Prof Dr Mohammad Nasih, dari total tersebut, sebanyak 1.472 merupakan perempuan.

 

"Unair menerima 1.895 calon mahasiswa baru melalui jalur SNBP. Dari jumlah ini, 1.472 diantaranya adalah perempuan," ujar Rektor Unair Prof Dr Mohammad Nasih di Surabaya, Selasa (26/3).

Melansir ANTARA, Prof Nasih menjelaskan bahwa Unair menerima 20 persen dari total daya tampung dalam seleksi nasional ini. Meskipun jumlah penerima SNBP tidak terlalu besar, Unair tetap berkomitmen untuk menjaga kualitas calon mahasiswa yang diterima. "Meski jumlah penerima SNBP tidak terlalu banyak, Unair terus berkomitmen terhadap kualitas calon mahasiswa yang kami terima," katanya.

Lebih lanjut, Prof Nasih mengungkapkan bahwa jumlah penerima melebihi daya tampung yang telah ditetapkan untuk jalur SNBP. Unair memiliki daya tampung sebanyak 1.762, sehingga terdapat kelebihan sebanyak 133 calon mahasiswa.

Calon mahasiswa Unair jalur SNBP berasal dari 35 provinsi di Indonesia dan juga dari luar negeri, terutama dari Sekolah Indonesia di luar negeri seperti Jepang, Belanda, dan Jeddah.

Selain itu, Unair juga menerima 368 calon mahasiswa baru jalur SNBP yang merupakan penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP-Kuliah). "Jadi, saat ini sudah tidak ada diskriminasi secara ekonomi, jenis kelamin, dan wilayah. Calon mahasiswa baru jalur SNBP yang kami terima juga berasal dari seluruh wilayah di Indonesia," ucapnya.

Prof Nasih mengucapkan selamat kepada calon mahasiswa baru Unair yang lolos seleksi ini, serta mengingatkan mereka untuk segera melakukan registrasi ulang melalui website yang disediakan.

"Atas nama civitas akademika dan pimpinan Unair, kami menyampaikan selamat atas adik-adik yang berhasil lolos di SNBP. Bagi calon mahasiswa yang diterima jangan lupa segera daftar ulang melalui website yang tersedia," katanya.

Adapun lima program studi sarjana paling kompetitif dalam seleksi SNBP 2024 adalah Kedokteran, Farmasi, Keperawatan, Ilmu Komunikasi, dan Sistem Informasi.

Sementara itu, lima program studi vokasi terketat meliputi D4 Teknologi Laboratorium Medik, D4 Fisioterapi, D4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja, D4 Teknologi Radiologi Pencitraan, dan D4 Destinasi Pariwisata.

Prof Nasih memberikan pesan kepada calon mahasiswa yang belum berhasil, agar tidak menyerah. Masih terdapat jalur lain seperti SNBT dan seleksi mandiri yang bisa diikuti. Menurutnya, hasil akhir tidak akan mengecewakan apabila proses persiapan dilakukan dengan baik.

"Bagi yang belum diterima tetap siapkan diri sebaik-baiknya. Masih ada jalur SNBT dan seleksi mandiri. Hasil tidak akan mengkhianati proses. Jika kita menyiapkan proses yang baik, hasil akan mengikuti," tuturnya. (*)

Editor: Dinarsa Kurniawan

Tag:  #unair #surabaya #menerima #1895 #calon #mahasiswa #baru #melalui #snbp #2024

KOMENTAR