Pemudik Wajib Simak! Pemerintah Rilis 10 Imbauan Wujudkan Mudik Aman, Salah Satunya Ikuti Mudik Gratis
Ilustrasi kepadatan mudik di Pelabuhan Merak, Banten. (Dery Ridwansah/Jawa Pos )
20:32
26 Maret 2024

Pemudik Wajib Simak! Pemerintah Rilis 10 Imbauan Wujudkan Mudik Aman, Salah Satunya Ikuti Mudik Gratis

 - Mudik yang aman dan nyaman adalah harapan dari masyarakat saat merayakan lebaran bersama keluarga di kampung halaman. Untuk mewujudkannya, para pemudik tentu harus mempersiapkan dan memperhatikan berbagai hal.   Para pemudik bisa juga berpatokan pada imbauan pemerintah untuk mewujudkan mudik yang aman dan nyaman mulai dari berangkat hingga sampai ke tujuan.   Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy menyampaikan sepuluh imbauan kepada masyarakat pada masa mudik Lebaran 2024. Imbauan yang pertama adalah pemudik wajib memeriksa kelayakan kendaraan pribadi.  

  Imbauan kedua, pemudik yang akan mudik hendaknya melapor dulu kepada RT, RW, dan Bhabinkamtibmas sebelum berangkat, agar saat ditinggal, kondisinya cukup aman.   Ketiga, pengemudi kendaraan harus berada dalam kondisi bugar saat berkendara. Jika lelah, bisa beristirahat sejenak untuk memulihkan tenaga dan pikiran.   Keempat, pemudik harus memastikan bahan bakar pada kendaraan yang digunakan untuk mudik dalam kondisi cukup.   

  Saat BBM hampir habis, segera diisi dan jangan menunda jika sudah menemukan pom bensin, karena pemudik belum tentu mengetahui berapa jarak terdekat antara pom bensin satu dengan lainnya.    "Kelima, bagi pengguna jalan tol, jangan sampai kehabisan e-tol, pastikan saldo cukup," tegas Muhadjir.   Keenam, muatan penumpangan tidak boleh melebihi kapasitas kendaraan karena selain membuat penumpang di dalam kendaraan tidak nyaman jika berdesak-desakan, kendaraan yang kelebihan muatan juga tidak aman untuk perjalanan.  

  Ketujuh, Muhadjir mengimbau pemudik untuk tidak berhenti di bahu jalan tol. Lebih baik berhenti di rest area yang banyak tersedia di ruas tol.   "Banyak sekali terjadi kecelakaan karena parkir di bahu jalan, diseruduk dari belakang. Oleh karena itu, mohon betul-betul diperhatikan," imbaunya.   Kedelapan, pemudik segera meninggalkan rest area jika sudah istirahat cukup dan memenuhi keperluannya, karena saat mudik akan ada banyak pengendara yang ingin beristirahat di rest area.  

  "Jangan berlama-lama di rest area karena yang akan masuk juga berdesak-desakan," kata Muhadjir.   Maka dari itu, durasi pemudik beristirahat di rest area maksimal 30 menit. Jika kurang dari itu maka lebih baik.   Karena peran rest area cukup krusial bagi pemudik, maka akan ditambah fasilitas antara lain penambahan toilet, khususnya toilet perempuan.  

  Imbauan kesembilan, hindari mudik dengan menggunakan sepeda motor dan lebih baik mengikuti program Mudik Gratis yang diselenggarakan oleh Pemerintah, mulai dari Polri, TNI, Kementerian Perhubungan, hingga BUMN. Sekitar 1.067 kendaraan mudik gratis akan disediakan pada tahun ini.   "Bagi pemudik motor dimohon dengan hormat, ikut mudik gratis," ujarnya.   Kesepuluh, bagi pemudik yang akan menggunakan kapal untuk menyeberang antarpulau seperti dari Jawa ke Sumatera atau sebaliknya di Pelabuhan Merak-Bakauheni, atau dari Gilimanuk ke Ketapang, belilah tiket secara online melalui aplikasi Ferizy.  

  "Kami putuskan tidak ada pelayanan pembelian tiket di luar online. Oleh karena itu, mohon dipastikan semua yang akan menyeberang segera membeli tiket online," pungkasnya.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #pemudik #wajib #simak #pemerintah #rilis #imbauan #wujudkan #mudik #aman #salah #satunya #ikuti #mudik #gratis

KOMENTAR