Polri Bakal Bentuk Tim Urai Kemacetan Saat Mudik Lebaran 2024, Disebar Ke Titik Bermasalah
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan bersama Menko PMK Muhadjir Effendy dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi hadir dalam rapat Koordinasi Angkutan Lebaran 2024 Lintas Merak-Bakauheni, pada Sabtu (23/3/2024). 
15:25
26 Maret 2024

Polri Bakal Bentuk Tim Urai Kemacetan Saat Mudik Lebaran 2024, Disebar Ke Titik Bermasalah

- Korlantas Polri berencana akan membentuk Tim Urai Kemacetan untuk bertugas menjaga kelancaran lalu lintas selama masa mudik Lebaran 2024.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Aan Suhanan mengatakan untuk menunjang tugas tim tersebut, pihaknya telah mendistribusikan ratusan sepeda motor ke beberapa Polda.

"Kita akan bentuk tim pengurai kemacetan, akan kita distribusikan 500 kendaraan roda dua untuk mendukung Sub Satgas Urai Macet sehingga bisa memaksimalkan, memperlancar, menjamin keselamatan masyarakat pada saat mudik," kata Aan dalam keterangannya, Rabu (26/3/2024).

Tim ini nantinya mempunyai strategi khusus untuk menjaga kelancaran lalu lintas.

Hal tersebut mengingat jumlah pemudik yang meningkat tahun ini yakni sebanyak 193 juta orang.

"Melihat analisis dan evaluasi tahun lalu banyak sekali trouble spot yang mengakibatkan kemacetan maupun perlambatan, terutama untuk para pengemudi yang berhenti di bahu jalan atau mendapat gangguan," ungkapnya.

Tim Urai Kemacetan tersebut, nantinya bakal melakukan patroli pada jam-jam rawan terjadi kemacetan.

Termasuk melakukan pantauan melalui Command Center.

"Tim ini akan menyelesaikan permasalahan itu nanti di setiap Polda mulai dari Banten sampai dengan Jawa Timur kita bentuk tim urai macet ini," ucap Aan.

"Nanti cara bertindaknya melakukan patroli sesuai dengan jam rawannya, kemudian apabila dari Command Center ada laporan gangguan, titik macet, tim ini yang akan turun untuk mengurai kemacetan," pungkasnya.

Editor: Adi Suhendi

Tag:  #polri #bakal #bentuk #urai #kemacetan #saat #mudik #lebaran #2024 #disebar #titik #bermasalah

KOMENTAR