Fantastis! Target Pajak Restoran di Sidoarjo Naik Jadi Rp 110 Miliar di Tahun 2024, PHRI Optimis Merealisasikannya
BERTAMBAH: Pengunjung sedang menikmati salah satu restoran di Sidoarjo. ((ANNISA FIRDAUSI/RADAR SIDOARJO) )
12:40
14 Januari 2024

Fantastis! Target Pajak Restoran di Sidoarjo Naik Jadi Rp 110 Miliar di Tahun 2024, PHRI Optimis Merealisasikannya

 

 Berupaya mempertahankan capaian pajak restoran di Sidoarjo pada tahun 2023 yang melebihi target, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), berencana naikan target tersebut menjadi Rp 110 miliar dalam tahun ini.

Target pajak restoran yang direncanakan tersebut mengalami kenaikan signifikan dari target tahun sebelumnya yang hanya sebesar Rp 95 miliar. Kendati demikian, hal tersebut bukanlah suatu hal yang berat.

Sebab, jika melihat realisasi pajak tahun 2023 lalu, PHRI berhasil menghimpun dana pajak sebesar Rp 112 miliar.

Artinya, capaian besaran pajak restoran tersebut sebetulnya sudah melebihi nilai yang ditargetkan pada tahun sebelumnya yakni Rp 95 miliar.

Dilansir Radar Sidoarjo (JawaPos Grup), pada Minggu (14/1), Ketua PHRI Sidoarjo Achmadi Subekti mengungkapkan kesiapannya menghadapi tantangan baru, yakni untuk mencapai target pajak yang telah ditetapkan itu.

Selain itu, dirinya juga optimis bahwa realisasi tahun ini bisa melebihi ekspektasi yang ditetapkan seperti tahun sebelumnya.

"Diperkirakan bisa mencapai Rp 120 miliar,'' ungkap Achmadi.

Achmadi menjelaskan, langkah pertama PHRI Sidoarjo dalam upaya pencapaian target tersebut, adalah dengan berkomitmen penuh untuk menggalakkan sosialisasi pajak ke seluruh wajib pajak yang ada di Sidoarjo.

Menurutnya, tahun ini pihaknya akan meningkatkan upaya sosialisasi terkait pajak ini ke seluruh pelaku usaha restoran.

Ia meyakini bahwa kolaborasi erat dengan wajib pajak merupakan kunci keberhasilan mencapai target yang lebih tinggi.

Selain itu, Achmad mengungkap pihaknya juga akan fokus pada peningkatan penggalian Wajib Pajak (WP) baru.

Ia berharap strategi ini dapat mendukung pencapaian target pajak yang lebih tinggi, serta berkontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi daerah.

Dalam menghadapi tantangan ekonomi yang berat saat ini serta penetapan target pajak yang meningkat, keterlibatan aktif PHRI Sidoarjo dalam mengoptimalkan penerimaan pajak restoran menjadi langkah strategis yang patut diapresiasi.

Achmad berharap, dengan adanya semangat dan kerjasama yang solid dari berbagai pihak terkait, Sidoarjo akan bisa mewujudkan keyakinan bahwa sektor restoran akan tetap menjadi salah satu pilar ekonomi yang kuat di Kota Delta tersebut.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #fantastis #target #pajak #restoran #sidoarjo #naik #jadi #miliar #tahun #2024 #phri #optimis #merealisasikannya

KOMENTAR