Bikin Warga Was-was, Harimau Terekam CCTV Tercebur di Bendungan: Jangan Dibunuh!
Ilustrasi Harimau Sumatera [ist]
18:48
25 Maret 2024

Bikin Warga Was-was, Harimau Terekam CCTV Tercebur di Bendungan: Jangan Dibunuh!

Beredar video seekor harimau Sumatera terekam kamera CCTV tercebur di bendungan air. Harimau itu diketahui terperangkap di pembangkit listrik tenaga mikrohidro PT Optima Tirta Energy (OTE) di Nagari Kajai Selatan, Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) pada hari Sabtu (23/3/2024).

Beruntung keberadaan harimau ini diketahui Tim BKSDA Sumbar sebelum membahayakan warga. Proses evakuasi mulanya terbilang sulit ketika Tim BKSDA Sumbar menggunakan jaring, harimau bersembunyi di dalam gorong-gorong.

Namun pada akhirnya setelah beberapa jam, harimau tersebut berhasil dievakuasi dan dibawa ke BKSDA Sumbar. Harimau ditemukan dalam kondisi sehat dan akan dilepaskan kembali ke habitat alaminya setelah menjalani observasi.

baca juga:

Sementara warga sekitar diimbau untuk tidak mendekati lokasi kejadian dan berhati-hati saat beraktivitas di luar rumah.

Detik-detik harimau terperangkap di bendungan ini diunggah ulang akun Instagram @memomedsos, 25 Maret 2024. Banyak netizen yang khawatir dengan habitat harimau saat ini.

"Seneng dengernya, berarti masih ada harimau sumatra. Jangan dibunuh yaa," tulis seorang netizen.

Untuk diketahui hutan di Pasaman disebut berkurang akibat alih fungsi hutan menjadi perkebunan, pertambangan, dan permukiman. Hal ini menyebabkan habitat harimau semakin sempit dan mereka terpaksa keluar dari hutan untuk mencari makan.

Editor: Eliza Gusmeri

Tag:  #bikin #warga #harimau #terekam #cctv #tercebur #bendungan #jangan #dibunuh

KOMENTAR