Raih Gelar Profesor Kehormatan, Henry Indraguna: Korupsi Layaknya Kanker yang Menjalar
Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang memberikan gelar Profesor Kehormatan kepada anggota tim hukum Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Henry Indraguna. 
19:49
21 Maret 2024

Raih Gelar Profesor Kehormatan, Henry Indraguna: Korupsi Layaknya Kanker yang Menjalar

- Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang memberikan gelar Profesor Kehormatan kepada anggota tim hukum Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Henry Indraguna.

Rektor Unissula Gunarto akan menyerahkan gelar itu di kampus Unissula, pada Senin (25/3/2024). 

Gelar itu diberikan setelah Henry Indraguna dinilai berjasa dalam pemberantasan korupsi melalui pendidikan moral anti korupsi.

Menurut Henry Indraguna, korupsi merupakan kejahatan luar biasa yang menjadi ancaman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Korupsi layaknya kanker yang telah menjalar dalam seluruh kehidupan tata negara ini," kata dia.

Dia menjelaskan akar persoalan yang telah mengakibatkan wabah persoalan korupsi ialah krisis moralitas pada kehidupan sosial masyarakat yang telah jauh dari ajaran nilai-nilai Pancasila.

Menurut dia, Keadilan Pancasila lahir sebagai keadilan yang mengakomodir pemenuhan hak dalam skala manusia secara personal individu sekaligus manusia, sebagai anggota masyarakat dan sebagai bagian dari bangsa dan negara serta manusia dalam konteks mahluk berketuhanan.

"Termasuk pemenuhan hak untuk hidup sehat melalui penyelenggaran politik hukum anti korupsi yang berkeadilan," ujarnya.

Salah satu langkah preventif yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, agar menghindari korupsi ialah dibutuhkan sistem pendidikan moral anti korupsi yang ia sebut sebagai pendidikan moral anti korupsi yang holistic.

"Holistic anti-corruption education system tersebut melihat pada aspek pengetahuan (moral knowing), perasaan (moral feeling), dan tindakan (moral action) secara koheren dan integral secara filosofis, sosiologis, maupun secara teologis," ujarnya

Ia juga mendorong para pendidik di Indonesia untuk menggelorakan pendidikan antikorupsi. 

“Mari kita gigih dalam mengembangkan ilmu dan pengetahuan, sehingga dapat membawa Indonesia maju dan sejahtera. Utamanya ilmu hukum anti korupsi,” pungkasnya.

Editor: Acos Abdul Qodir

Tag:  #raih #gelar #profesor #kehormatan #henry #indraguna #korupsi #layaknya #kanker #yang #menjalar

KOMENTAR