Kemenag Minta Komitmen Petugas Haji Gunakan Seragam dan Siap Bekerja 24 Jam Atasi Permasalahan Jemaah
Ilustrasi haji. (Istimewa)
22:16
20 Maret 2024

Kemenag Minta Komitmen Petugas Haji Gunakan Seragam dan Siap Bekerja 24 Jam Atasi Permasalahan Jemaah



–Permasalahan jemaah selama melaksanakan ibadah haji cukup beragam. Mulai dari tersesat (hilang), kehilangan uang, jemaah wafat, dan sebagainya.

Untuk meminimalisir persoalan yang tidak diinginkan, Kementerian Agama (Kemenag) memberikan materi Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada 890 petugas penyelenggara ibadah haji (PPIH) Arab Saudi, Rabu (20/3). Acara digelar di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

Direktur Bina Haji Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) Kemenag Arsad Hidayat meminta petugas haji menggunakan seragam selama bertugas. Termasuk saat berada di Masjidil Haram atau Masjid Nabawi.

Dia mengatakan, petugas adalah orang pertama yang akan dicari ketika jemaah menemukan permasalahan. Kerena itu, petugas harus menunjukkan eksistensi selama berada di Tanah Suci.

”Seragam adalah jati diri petugas haji. Sebagai pembentuk sikap dan perilaku ketika berhadapan dengan jemaah. Seragam juga akan memudahkan jemaah meminta bantuan terutama yang tersesat,” kata Arsad.

Arsad juga meminta petugas haji berkomitmen saat melaksanakan tugas. Tujuannya, untuk memastikan bahwa petugas siap melayani jemaah haji.

”Dengan apel pagi, tidak ada lagi petugas yang tidur sehingga bisa melayani jemaah dengan baik,” tegas Arsad Hidayat.

Komitmen selanjutnya yakni petugas siap untuk tidak melaksanakan ibadah haji kecuali, yang belum berhaji. ”Yang lebih penting dari itu adalah petugas siap bekerja dua puluh empat jam. Petugas juga bisa istirahat ketika tidak ada lagi pekerjaan, tetapi ketika ada permintaan atau telepon petugas harus siap,” tutur Arsad Hidayat.

Selain itu, Arsad menyebut, petugas haji siap tidak membawa keluarga atau muhrim. Pasalnya, jika memahrami keluarga, otomatis tugas melayani jemaah akan terganggu dan jemaah tidak terlayani dengan baik.

”Komitmen petugas haji untuk menjalankan seluruh peran dan kewajiban harus sesuai dengan pakta integritas. Komitmen petugas haji harus dijaga dan dijalankan dengan baik,” ucap Arsad Hidayat.

”Saya minta kepada petugas, baik yang melalui proses seleksi atau penunjukan, tolong jaga amanah ini dengan sebaik-baiknya. Ketika masuk dalam jajaran petugas, siapkan diri menjadi pelayan tamu-tamu Allah SWT,” tambah dia.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #kemenag #minta #komitmen #petugas #haji #gunakan #seragam #siap #bekerja #atasi #permasalahan #jemaah

KOMENTAR