Temukan Hal Janggal, Kitabisa Hentikan Open Donasi Singgih Shahara yang Viral
Ilustrasi donasi. Kitabisa menghentikan penggalangan dana Singgih Shahara. [pixabay/@viarami]
22:24
19 Maret 2024

Temukan Hal Janggal, Kitabisa Hentikan Open Donasi Singgih Shahara yang Viral

Pihak Kitabisa bertindak cepat merespons sejumlah keluhan terhadap penggalangan dana seorang bernama Singgih Shahara. 

Sebelumnya akun Singgih Sahara @singgihsahara diduga melakukan penipuan atas penggalangan dana dengan dalih untuk biaya cuci darah ibunya dan rawat jalan anaknya.

Singgih Shahara diduga menggunakan uang hasil donasi publik itu untuk kepentingan pribadi bahkan ada yang menuding digunakan untuk judi online. 

Kitabisa sebagai platform yang digunakan Singgih untuk penggalangan dana bertindak cepat merespons keluhan dari netizen. 

Pihak Kitabisa mengirimkan tim langsung menemui Singgih. Hasilnya ada sejumlah dana yang tidak bisa dipertanggungjawabkan Singgih. 

"Seperti yang kami sudah verifikasi sebelumnya di galang dana ybs, benar bahwa ibu dan anak Singgih dalam kondisi sakit dan perlu pengobatan," tulis akun Kitabisa di X.

Sebagian dari donasi yang terkumpul melalui Kitabisa telah digunakan untuk pengobatan dan biaya penunjang pengobatan seperti pembelian susu, mainan untuk terapi anak, transportasi rumah sakit dan pembayaran kontrakan untuk Singgih dan keluarganya.

Menurut Kitabisa, Singgih mengaku sisa sebagian lain penggunaan dana yang sudah dicairkan dari Kitabisa tidak bisa dia pertanggungjawabkan karena tidak bisa memberikan bukti penggunaan donasi, dengan alasan nota terbuang dan sebagian donasi digunakan untuk memenuhi kehidupan sehari-hari.

Atas temuan itu, Kitabisa mengambil langkah menutup penggalangan dana Singgih Shahara di Kitabisa.com.

"Kami telah menutup galang dana Singgih dan donasi tersisa akan dialihkan ke penerima bantuan lain sesuai syarat dan ketentuan Kitabisa," ujar Kitabisa.

Singgih sudah membuat pernyataaan tertulis untuk mengembalikan selisih donasi di Kitabisa yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

"Kitabisa memberikan opsi Pengembalian Donasi (Refund) untuk donatur galang dana Singgih Shahara," kata Kitabisa.

Kitabisa memiliki kebijakan pengembalian donasi kepada donatur untuk galang dana yang terbukti menyalahi syarat dan ketentuan Kitabisa.

Untuk donatur yang telah berdonasi di halaman galang dana Singgih dan ingin mengajukan pengembalian, silakan cek email atau halaman kabar terbaru untuk teknis pengembalian donasi.

Editor: Wakos Reza Gautama

Tag:  #temukan #janggal #kitabisa #hentikan #open #donasi #singgih #shahara #yang #viral

KOMENTAR