Penggalangan Dana Demi Ibu Cuci Darah, Kedok Singgih Sahara Terbongkar
Ilustrasi donasi (Unsplash)
18:32
19 Maret 2024

Penggalangan Dana Demi Ibu Cuci Darah, Kedok Singgih Sahara Terbongkar

Viral di platform media sosial X penggalangan dana yang dilakukan seorang bernama Singgih Sahara. Akun Singgih Sahara @singgihsahara diduga melakukan penipuan atas penggalangan dana dengan dalih untuk biaya cuci darah ibunya dan rawat jalan anaknya.

Netizen mulai curiga dengan aksi Singgih karena ia membuka open donasi sejak 2022 dan terus ia lakukan sampai sekarang. Singgih mengklaim pada narasi open donasinya bahwa biaya untuk cuci darah ibunya tidak ditanggung oleh BPJS.

Tak main-main, Singgih diduga membuka open donasi di sejumlah platform seperti di akun KitaBisa, selain itu ada juga sejumlah netizen yang langsung memberikan bantuan ke nomor rekening pribadi Singgih.

Penggalangan dana yang terus dilakukan Singgih sejak 2022 membuat sejumlah akun netizen mencoba untuk menelusuri apa yang dilakukan Singgih. Terbaru, terkuak fakta bahwa pengobatan dari ibu Singgih ditangguh sepenuhnya oleh BPJS.

Selain itu, ayah dari Singgih juga masih bertanggungjawab untuk membiayai pengobatan istrinya. Hal ini terkuak dari penelusuran langsung oleh akun X @BlytheEverywhe1 dan @Widino yang pada hari ini, Selasa (18/3) mendatangi langsung rumah orang tua Singgih.

"Saya sarankan Mas @singgihsahara dibuka saja dgn jelas kemana saja uang donasi digunakan. Hari ini jadwal Ibu cuci darah kan di RS Roemani. Selama 5th ini sudah dicover BPJS. Agar kegiatan MC dan standup jenengan lancar ayo buka sejelas jelasnya," cuit akun @BlytheEverywhe1

"Bang @zoelfick Singgih ini tidak serumah dengan Ibunya yg sakit. Alhamdulillah selama ini Bapaknya Singgih suport sekali atas semua kebutuhan si Ibu. Semoga dgn datang nya Abang ke Semarang nanti bisa semua selesai dgn baik," sambung akun tersebut.

Sementara akun @Widino menyebut bahwa alamat yang diberikan Singgih kepada sejumlah netizen bukan alamat ia tinggal melainkan rumah orang tuanya.

"Karena alamat yg diberikan oleh Singgih adalah alamat ibunya dan ybs tidak tinggal bareng ibunya, jadi dihimbau untuk siapapun yg ada niatan nyamperin alamat tersebut agar bisa lebih bijak dan mengendalikan diri, jangan sampai menjadi beban pikiran ibunya yg lagi sakit dan juga keluarganya, karena bisa jadi keluarganya tidak tau terkait kegiatan open donasi yg dilakukan Singgih," ungkap akun Dino.

Sementara itu, dari penelusuran sejumlah netizen, Singgih juga beberapa kali mencoba open mic di sejumlah kafe di Semarang. Malah ada netizen yang unggah Singgih sedang berada di sebuah bar pada 2023.

Terbaru akun @zoelfick berikan update bahwa salah satu netizen mengalami kerugian hampir Rp20 juta dengan memberikan bantuan langsung ke rekening Singgih. 

Singgih sebelumnya sempat membuat klarifikasi di akun X miliknya. Ia menyatakan permintaan maaf atas kegaduhan yang terjadi karena apa yang diperbuatnya.

Ia juga menyampaikan bahwa dana yang terkumpul digunakan untuk keperluan obat, dan menunjang perawatan sang ibu dan anak yang dimilikinya. Selain itu, dana ini juga digunakan untuk membayar kontrakan.

Lebih lanjut, ia akan melakukan pelaporan dengan transparan disertai dengan bukti transaksi yang dilakukannya dengan uang tersebut. Usaha ini dilakukan sebagai bentuk transparansi pada donasi yang diberikan oleh netizen, dan agar tidak lagi ada kecurigaan pada penggunaan dana yang diterima oleh Singgih Sahara.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #penggalangan #dana #demi #cuci #darah #kedok #singgih #sahara #terbongkar

KOMENTAR