Pegawai KPK yang Jadi Tersangka Pungli Diberhentikan Sementara Dari ASN
15 tersangka kasus pungli di Rutan KPK. (Suara.com/Yaumal)
23:12
15 Maret 2024

Pegawai KPK yang Jadi Tersangka Pungli Diberhentikan Sementara Dari ASN

Sebanyak 15 tersangka kasus pungli di Rumah Tahanan KPK diberhentikan sementara sebagai aparatur sipil negera (ASN). Mereka yang menjadi tersangka merupakan ASN KPK dan ASN PNYD atau pegawai negeri yang dipekerjakan di KPK.

"Terhadap yang telah ditetapkan tersangka dan ditahan akan dilakukan pemberhentian sementara sesuai aturan yang berlaku," kata Sekjen KPK Cahya H Harepa di gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (15/3/2024).

Cahya menyebut bersamaan dengan itu proses disiplin juga dilakukan KPK hingga 21 Maret 2024.

"Seperti yang disampaikan kami akan terus melakukan maraton pemeriksaan disiplin sampai dengan nanti Tanggal 21 Maret," ujar Cahya.

Adapun 15 tersangka adalah Karutan KPK Achmad Fauzi, Hengki, Deden Rochendi, Sopian Hadi, Ristanta, Ari Rahman Hakim, Eri Angga Permana. Kemudian Muhammad Ridwan, Suharlan, Ramadhan Ubaidillah A, Mahdi Aris, Wardoyo, Muhammad Abduh, dan Ricky Rachmawanto.

Total perputaran uang dalam kasus ini Rp6,3 miliar dalam kurun waktu 2019-2023.

"Dan masih akan dilakukan penelusuran serta pendalaman kembali untuk aliran uang maupun penggunaannya," tutur Asep

Modusnya para pelaku memasang tarif ratusan ribu hingga puluhan juta kepada para tersangka untuk mendapatkan fasilitas tambahan, seperti menyelundupkan handphone.

Selain itu mereka juga memasang tarif Rp5 juta perbulan, setelah handphone berhasil diselundupkan ke dalam sel. Masing-masing uang yang berhasil yang dikantongi para pelaku berkisar antara jutaan hingga ratusan juta rupiah.

Editor: Erick Tanjung

Tag:  #pegawai #yang #jadi #tersangka #pungli #diberhentikan #sementara #dari

KOMENTAR