Banjir Air Mata, Ini Detik-detik Evakuasi Pilot Smart Air yang Terjatuh di Tarakan
Tim gabungan Basarnas berhasil mengevakuasi mengevakuasi pilot Smart Air, Captain M Yusuf, dari lokasi jatuhnya pesawat di Tarakan, Kaltara, Minggu (10/3/2024). [Instagram @surakartakita]
22:24
11 Maret 2024

Banjir Air Mata, Ini Detik-detik Evakuasi Pilot Smart Air yang Terjatuh di Tarakan

Tim gabungan Basarnas berhasil mengevakuasi mengevakuasi pilot Smart Air, Captain M Yusuf, dari lokasi jatuhnya pesawat di Tarakan, Kaltara, Minggu (10/3/2024).

Video mengharukan detik-detik evakuasi sang pilot tersebar di media sosial Instagram, salah satunya diunggah akun @surakartakita, Senin (11/3/2024).

Dalam video itu, M Yusuf terlihat mengalami luka di kepala. Dia juga dalam kondisi lemas dan hanya bersandar di sebuah pohon besar.

Yusuf bahkan menangis saat tim gabungan berada di lokasi pesawat jatuh. Petugas kemudian memberikan air putih dan menyuapi dengan roti.

Dalam melaksanakan evakuasi ini, Heli Caracal H-2207 dikerahkan untuk menuju ke LKP.

Sementara proses evakuasi ini dibagi menjadi dua shorty yang di antaranya shorty pertama mengevakuasi Basarnas dua orang, TNI dua orang dan Brimob dua orang, selanjutnya untuk shorty kedua yaitu dari anggota Basarnas satu orang, TNI dua orang dan warga dua orang.

Dua awak yang menjadi korban jatuhnya Pilatus PC-6 Porter PK-SNE di Nunukan, Kalimantan Utara, telah ditemukan dan dibawa ke rumah sakit.

Satu orang pilot ditemukan dalam kondisi selamat, sedangkan satu lainnya, mekanik, ditemukan meninggal dunia.

"Seluruh korban dapat terevakuasi dan dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Jusuf SK untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut," kata Kepala Basarnas Tarakan Syahril, dilansir dari ANTARA.

Editor: Ronald Seger Prabowo

Tag:  #banjir #mata #detik #detik #evakuasi #pilot #smart #yang #terjatuh #tarakan

KOMENTAR