Pesawat Smart Air yang Hilang Kontak Belum Ditemukan, Proses Pencarian Kembali Dilanjutkan
Personel Polres Malinau-tim gabungan persiapan melanjutkan pencarian pesawat milik Smart Air tujuan Tarakan–Binuang, Krayan Tengah yang hilang kontak. (ANTARA/HO-Basarnas Tarakan )
13:24
9 Maret 2024

Pesawat Smart Air yang Hilang Kontak Belum Ditemukan, Proses Pencarian Kembali Dilanjutkan

- Polda Kalimantan Utara (Kaltara) ikut serta dalam pencarian Smart Air yang hilang kontak usai terbang dari Bandara Juwata Tarakan. Pencarian dilanjutkan usai upaya yang dilakukan pada Jumat (8/3) tidak membuahkan hasil hingga malam harim

"Hari ini sesuai rencana tim melanjutkan pencarian pesawat terbang Amart Air yang jatuh Jumat (8/3) kemarin," kata Kabid Humas Polda Kaltara Kombes Pol Budi Rachmat kepada wartawan, Sabtu (9/3).

Pencarian pesawat akan mengerahkan helikopter dari Kodam VI/Mulawarman. Polri juga mengerahkan personel Bhabinkamtibmas bersama Babinsa dan Masyarakat melakukan pencarian. Lokasi pencarian akan difokuskan di beberapa koordinat yang ditentukan. Koordinasi dengan tim SAR gabungan juga terus dilakukan.

Sebelumnya, Pesawat milik operator penerbangan PT Smart Aviation atau Smart Air hilang kontak setelah lepas landas dari Bandara Juwata Tarakan, Kota Tarakan, Kalimantan Utara pada Jumat (8/3). Pesawat dengan registrasi PK SNE tipe Pilatus PC 6 tersebut bertolak dari Tarakan pada pukul 08.26 WITA dan estimasi tiba di Bandara Binuang, Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan pukul 09.20 WITA.

Namun, hingga pukul 11.26 WITA, Airnav Tarakan belum mendapat informasi keberadaan pesawat sehingga melaporkannya kepada Kantor SAR (Basarnas) Tarakan.

Berdasarkan laporan yang diterima tersebut, tim rescue Basarnas Tarakan langsung melakukan koordinasi dengan seluruh pihak terkait di Bandara Juwata Tarakan. Tim SAR Gabungan langsung bergerak melakukan penyisiran menggunakan Pesawat PK-SNO dari Long Bawan ke Binuang berdasarkan lokasi spider track pada koordinat 3°37'34.58"N 116°24'51.46"E dengan hasil nihil.

Pukul 12.30 WITA, Basarnas Pusat menginformasikan koordinat Emergency Locator Transmitter (ELT) dari SMART AIR yang diterima Local User Terminal (LUT) pada koordinat 3°44'10.00"N 115°50'53.58"E dan 3°44'9.10"N 115°55'45.36".

Editor: Edy Pramana

Tag:  #pesawat #smart #yang #hilang #kontak #belum #ditemukan #proses #pencarian #kembali #dilanjutkan

KOMENTAR