Warga Jatim Siap-siap! Program Mudik Gratis 2024 Akan Kembali Disediakan oleh Dishub, Cek Infonya!
Suasa mudik gratis 2023 yang digelar oleh Pemprov Jatim, di depan kantor Dinas Perhubungan Provinsi Jatim tahun lalu. (ANDY SATRIA/RADAR SURABAYA)
09:48
8 Maret 2024

Warga Jatim Siap-siap! Program Mudik Gratis 2024 Akan Kembali Disediakan oleh Dishub, Cek Infonya!

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada 2024 ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim), bakal kembali berkontribusi dalam perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Salah satunya, dengan mengadakan program mudik gratis 2024 ke beberapa daerah yang ada Provinsi Jatim.

Dilansir Radar Surabaya (JawaPos Grup), Jumat (8/3), program mudik gratis 2024 ini akan dilaksanakan oleh Dinas Perhubungan (Dishub).

Rencananya tersebut turut dibenarkan oleh Kepala Dishub Jatim Nyono. Menurutnya, saat ini program ini masih dalam pembahasan teknis.

"Ini masih pra dan akan ada pembahasan lebih lanjut untuk tanggal maupun teknisnya dengan beberapa pihak terkait," ujarnya.

Kendati demikian, dia membeberkan bahwa, akan ada sekitar 100 bus yang disiapkan untuk melayani tujuan seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur yang berjumlah 38.

Jika dihitung-hitung, kalau satu bus bisa memuat sekitar 30 pemudik, berarti akan ada ribuan kursi yang disiapkan Pemprov Jatim.

Di sisi lain, dia menyebut, 25 bus diantaranya akan melayani mudik masyarakat Jatum yang ada di Jakarta ke seluruh kabupaten/kota di Jatim.

Bahkan, menurutnya 25 bus ini juga akan melayani masyarakat Jatim yang akan kembali ke Jakarta usai berlebaran di kampung halaman.

"Nah untuk yang mudik gratis antar kota dalam provinsi itu hanya mudiknya saja," katanya.

Selain itu, Nyono mengatakan Dishub Jatim juga memberikan bantuan layanan angkutan kendaraan gratis.

Menurut Nyono, untuk kuotanya 400 sepeda motor yang akan diangkut oleh truk ke terminal di seluruh Jatim.

"Sehingga masyarakat tidak perlu repot mudik naik motor dan macet-macetan di jalan. Untuk pendaftarannya sama seperti tahun sebelumnya. Ada yang offline mapun online," katanya.

 ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #warga #jatim #siap #siap #program #mudik #gratis #2024 #akan #kembali #disediakan #oleh #dishub #infonya

KOMENTAR