Korlantas Polri Petakan Hambatan saat Arus Mudik Lebaran 2024
Antrean mobil pribadi dan bus berisi pemudik menunggu kapal di Pelabuhan Merak, Banten, Rabu (19/4/2023). (Foto: Dery Ridwansah/JawaPos.com )
16:40
6 Maret 2024

Korlantas Polri Petakan Hambatan saat Arus Mudik Lebaran 2024

– Sebanyak 136,7 juta orang diprediksi melakukan perjalanan mudik saat Lebaran tahun ini. Sejumlah persiapan dilakukan pemerintah berdasar pemetaan hambatan dalam arus mudik.

Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan mengatakan, jumlah pemudik diperkirakan naik 5 hingga 6 persen dari angka tahun lalu sebanyak 123 juta orang. ”Sekitar 136,7 juta pemudik. Jelas ini perlu dikelola dengan baik,” ujar Aan dalam rapat koordinasi kesiapan pengelolaan arus lalu lintas Mudik Lebaran 2024 di Hotel Borobudur kemarin (5/3).

Petugas akan membagi sejumlah titik lokasi perhatian. Yakni, jalan tol, rest area, jalan arteri, akses tempat wisata, dan pelabuhan. Di jalan tol yang diperkirakan tetap menjadi primadona saat arus mudik, akan dilakukan contraflow dan one way. ”Namun, sesuai survei masih ada hambatan,” paparnya.

Hambatan tersebut berupa rest area. Karena itu, perlu pengaturan di area rehat yang menjadi trouble spot.

Untuk jalan arteri juga perlu dilakukan pemetaan trouble spot. Misalnya, jalan Tasik–Garut yang mungkin sulit dilakukan pengaturan. ”Karena jalannya segitu saja, tidak ada penambahan jalan, tapi kendaraan terus bertambah,” katanya.

Salah satu antisipasinya adalah mempersiapkan jalan alternatif. ”Untuk akses tempat wisata dan penyeberangan juga perlu dilakukan pengaturan,” jelasnya.

Sementara itu, untuk pelayanan di Merak–Bakauheni, pola operasi akan serupa tahun lalu. Tidak semua golongan kendaraan yang akan menuju Sumatera diarahkan menyeberang melalui Pelabuhan Merak. ASDP Merak hanya melayani kendaraan roda empat, bus, dan truk golongan VB (truk dengan panjang kurang dari 7 meter).

Sementara, kendaraan roda dua, truk golongan VIB (truk dengan panjang 7–10 meter), truk golongan VII (truk dengan panjang 10–12 meter), serta truk besar golongan VIII dan IX akan dilayani melalui pelabuhan perbantuan.

GM ASDP Cabang Merak Suharto mengungkapkan, kapasitas parkir Pelabuhan Merak telah bertambah menjadi 5.526 unit kendaraan kecil. Penambahan kapasitas itu merupakan hasil perobohan eks kantor KSKP dan kantor ASDP Merak sesuai dengan hasil rapat terbatas bersama presiden tahun lalu.

”Dermaga 2 ASDP Merak juga telah rampung ditingkatkan kapasitasnya sejak beberapa bulan lalu. Sehingga, kapal dengan ukuran besar lebih dari 10.000 GT sudah bisa bersandar di dermaga tersebut,” tuturnya. (idr/syn/mia/c7/fal)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #korlantas #polri #petakan #hambatan #saat #arus #mudik #lebaran #2024

KOMENTAR