Ucapkan HUT BTN ke-74, Jokowi Beri Pesan Agar Bantu Tuntaskan Backlog Perumahan
Presiden Joko Widodo (Jokowi)
10:16
3 Maret 2024

Ucapkan HUT BTN ke-74, Jokowi Beri Pesan Agar Bantu Tuntaskan Backlog Perumahan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi ucapan Hari Ulang Tahun (HUT) PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) ke-74, pada Minggu (3/3). 

Melalui rekaman video yang ditayangkan di acara puncak HUT ke-74 BTN di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno (GBK) yang identik dengan layanan Kredit Perumahan Rakyat (KPR) ini untuk terus melakukan inovasi. Mulai dari digitalisasi hingga membantu backlog perumahan di Tanah Air.

"Saya mengucapkan selamat ulang tahun ke-74. Saya mendorong BTN untuk terus berinovasi digitalisasi, sinergi, dan kolaborasi untuk menciptakan layanan perbankan yang modern, yang canggih, serta membantu menuntaskan persoalan backlog perumahan di Indonesia," kata Jokowi.

Diketahui, backlog perumahan adalah kondisi kesenjangan antara jumlah rumah terbangun dengan jumlah rumah yang dibutuhkan rakyat.

"Dirgahayu BTN, semoga terus berkontribusi membantu masyarakat Indonesia untuk memiliki hunian terjangkau dan menjadi bank kebanggaan indonesia," tandasnya.

Sebagai informasi, PT Bank Tabungan Negara (Persero) TBK (BTN) memasuki usia ke-74 tahun pada 9 Februari 2024. Usia yang cukup matang untuk bisa terus berkontribusi sebagai bank fokus pembiayaan perumahan dan mengemban amanah untuk bisa mewujudkan mimpi rakyat Indonesia memiliki rumah impian.

Dalam usianya yang ke-74 tahun, BTN telah berhasil membuktikan kepada pemerintah, stakeholder dan rakyat Indonesia untuk terus setia mengemban amanah melakukan pembiayaan perumahan khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Dari total 5,2 juta unit rumah yang telah dibiayai BTN selama 74 tahun, sekitar 4,05 juta dinikmati oleh MBR melalui fasilitas KPR Subsidi.

Dulu, BTN hanya fokus pada pembiayaan untuk rumah pertama saja, sehingga lupa untuk memberikan kemudahan memenuhi kebutuhan pembiayaan rumah kedua ataupun kebutuhan dalam mengisi barang-barang yang diperlukan dalam rumah tangga.

Untuk menjawab tantangan tersebut, sejak tahun 2022 lalu, BTN telah mengembangkan strategi bisnis beyond KPR melalui cross selling kepada nasabah captive, seperti Kredit Ringan Tanpa Agunan (KRING), Kredit Agunan Rumah (KAR), dan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Selain beyond KPR, BTN dalam beberapa tahun terakhir telah berhasil bertransformasi dengan mengoptimalkan kontribusi pada program KPR subsidi dan meningkatkan KPR Non Subsidi melalui Kerjasama Developer Agen Properti, Mengembangkan skema KPR yang menyasar generasi milenial.

Tansformasi selanjutanya, pada tahun 2022, BTN melakukan transformasi perluasan bisnis berbasis ekosistem perumahan. Dalam transformasi ini, perseroan meningkatkan kredit high yield beyond mortgage melalui cross selling kepada nasabah captive. Kemudian pada tahun 2023 lalu, transformasi yang dilakukan perseroan yakni mengembangkan bisnis yang selaras dengan era Disrupsi Digital untuk menguasai ekosistem perumahan.

 

Editor: Banu Adikara

Tag:  #ucapkan #jokowi #beri #pesan #agar #bantu #tuntaskan #backlog #perumahan

KOMENTAR