Peruri Resmi Ditunjuk jadi GovTech, Berperan Penting dalam Percepatan Transformasi Digital Indonesia
Direktur Utama Peruri Dwina Septiani Wijaya 
14:31
12 Januari 2024

Peruri Resmi Ditunjuk jadi GovTech, Berperan Penting dalam Percepatan Transformasi Digital Indonesia

Transformasi digital merupakan salah satu aspek penting dalam rangka mewujudkan visi Indonesia Maju 2045. Maka itu, Pemerintah terus melanjutkan berbagai langkah dan inisiatif untuk mempercepat transformasi digital

Salah satunya dapat dilihat dari langkah besar Pemerintah untuk meningkatkan keterpaduan layanan publik, dengan menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2023 pada tanggal 18 Desember 2023. 

Sejalan dengan visi ini, Pemerintah Indonesia mempercayakan Peruri untuk menjalankan peran strategis sebagai GovTech Indonesia.

“Nantinya Peruri akan menjadi tumpuan dalam percepatan transformasi digital di Indonesia,” ujar Menteri PAN-RB, Abdullah Azwar Anas dalam keterangan persnya. 

Peruri selaku GovTech Indonesia ditugaskan untuk menyelenggarakan aplikasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) prioritas layanan milik Kementerian dan Lembaga Pemerintah.

Adapun aplikasi SPBE tersebut nantinya akan meliputi Layanan Pendidikan, Layanan Kesehatan, Layanan Bantuan Sosial, Layanan Administrasi Kependudukan, Layanan Transaksi Keuangan Negara, Layanan Administrasi Pemerintahan, Layanan Portal Layanan Publik, Layanan Satu Data Indonesia, dan Layanan Kepolisian.

Lewat langkah ini, Pemerintah Indonesia bertujuan untuk mengintegrasikan berbagai pelayanan publik, sehingga masyarakat dapat mengaksesnya melalui satu portal pelayanan publik secara terpadu. 

Peruri berkomitmen untuk mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya bagi seluruh masyarakat Indonesia dengan mengutamakan integrasi dan interoperabilitas dalam mendukung empat pilar utama transformasi digital, yakni infrastruktur, pemerintahan, ekonomi, dan masyarakat digital. 

Empat pilar tersebut harus berjalan secara sinergis bersama-sama, dalam rangka mewujudkan visi Indonesia menjadi salah satu negara ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2045. 

Keberhasilan Peruri dalam transformasi digital

Bukan tanpa alasan, penunjukkan Peruri sebagai GovTech Indonesia tercermin dari keberhasilannya dalam menjalankan transformasi digital selama beberapa tahun terakhir. 

Peluncuran produk digital pada tahun 2019 menjadi bukti nyata komitmen Peruri untuk beradaptasi dengan era digital. Peruri yang seluruh modalnya dimiliki oleh pemerintah, juga telah sukses menjalankan amanat dalam pembuatan meterai elektronik. 

Inovasi yang dilakukan Peruri telah sukses menerapkan digitalisasi dalam bidang perpajakan dan bea meterai, serta memberikan kontribusi positif dalam percepatan proses administratif dan meningkatkan efisiensi. 

Peruri Jalankan Peran sebagai GovTech Transformasi Digital Indonesia

Peruri pun memahami betul pentingnya sumber daya manusia berkualitas dalam mewujudkan visi GovTech. Saat ini digital talent Peruri mencapai 100 persen yang telah tersertifikasi. 

Pencapaian ini menjadikan Peruri sebagai BUMN dengan peringkat paling tinggi di seluruh Indonesia, yang menandai komitmennya dalam menghadirkan talenta terbaik untuk mendukung transformasi digital pemerintah.

Tak lupa, Peruri juga memberikan perhatian terhadap keamanan informasi sebagai fondasi dari layanan digital yang andal. Kepercayaan dan keamanan data pemerintah menjadi prioritas utama bagi Peruri.

Peruri sendiri memiliki Indeks Keamanan Informasi (KAMI) dengan skor III+, menandakan keamanan yang terdefinisi dan konsisten dalam setiap aspek operasionalnya. 

Dalam upaya menjaga integritas data dan sistem, Peruri telah meraih skor 4.06 dalam Cyber Security Maturity (CSM) dengan kategori Implementasi Terkelola. Ini mencerminkan komitmen Peruri untuk memastikan tingkat keamanan yang tinggi dalam setiap interaksi digital.

Peruri juga telah siap secara matang dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0, yang ditandai dengan perolehan skor INDI 4.0 sebesar 3,05. 

Sertifikasi manajemen keamanan informasi ISO 27001 yang dimiliki Peruri turut menunjukkan bahwa perusahaan BUMN ini menjunjung tinggi standar internasional dalam menjaga keamanan informasi yang vital bagi pemerintah dan masyarakat. 

Peruri juga telah mencapai skor IT Maturity Level sebesar 3.5, menandakan tingkat kematangan teknologi informasi yang terdefinisi dengan jelas. Dengan demikian, Peruri siap memberikan solusi IT yang terukur dan terarah sesuai dengan kebutuhan pemerintah.

Berbagai pencapaian di atas menunjukkan kesiapan Peruri dalam menghadirkan solusi terkini dan inovatif, yang dapat mendukung pemerintah dalam memasuki era digitalisasi industri.

Penunjukkan Peruri sebagai GovTech Indonesia menjadi langkah strategis dan  keyakinan pemerintah pada kemampuan Peruri dalam menjalankan misi krusial ini.

Dengan pengalaman yang teruji, bekal portofolio digital capabilities yang kuat, serta dukungan penuh dari pemerintah, Peruri siap menjalankan tugas sebagai GovTech Indonesia.

Sebagai garda terdepan dalam percepatan transformasi digital Indonesia, Peruri akan senantiasa berkolaborasi dengan pemerintah dalam memberikan solusi yang inovatif dan mendukung visi pemerintah menuju pelayanan publik yang lebih efisien dan terpercaya.

Editor: Sponsored Content <%2

Tag:  #peruri #resmi #ditunjuk #jadi #govtech #berperan #penting #dalam #percepatan #transformasi #digital #indonesia

KOMENTAR