Komitmen Kemendagri untuk Damkar se-Indonesia
Kemendagri di Bawah Tito Karnavian Komitmen Tingkatkan Kompetensi Damkar. (batamnews.co.id)
18:48
1 Maret 2024

Komitmen Kemendagri untuk Damkar se-Indonesia

 - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di bawah kepemimpinan Menteri Tito Karnavian menegaskan komitmennya dalam mendukung institusi pemadam kebakaran (damkar) di seluruh Indonesia untuk terus meningkatkan kompetensi para petugas guna mengoptimalkan kinerja mereka di lapangan.

Dilansir dari Antara Jumat (1/3), Tito Karnavian menyatakan bahwa kualitas kompetensi ini akan terus ditingkatkan, mengingat Kemendagri memiliki peran sebagai pembina dan pengawas fungsi pemadam kebakaran.

Menurut Tito, peningkatan kemampuan petugas ini juga bertujuan untuk mendukung pencapaian batas waktu penanganan kejadian kebakaran atau yang sering disebut sebagai quick response.

"Semakin cepat penanganan damkar semakin baik, tetapi juga tergantung kemampuan petugas, kemudian juga teknologi, hingga lalu lintas jalan raya, serta banyak komponen lainnya," jelasnya.

Dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-105 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Nasional, Tito Karnavian juga mengapresiasi peran seluruh jajaran Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan di Indonesia yang memiliki tugas penting dalam membantu mengatasi kejadian kegawatdaruratan di lingkungan masyarakat.

Ia mengakui bahwa pasukan pemadam kebakaran tidak pernah memandang bulu dalam merespons setiap kejadian.

"Damkar ini adalah visinya penyelamatan dari yang berat dan ringan-ringan, masyarakat banyak yang meminta bantuan seperti penyelamatan kucing, anjing, melepaskan cincin yang tidak bisa keluar, dan lain-lain," tambahnya.

Perayaan HUT ke-105 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Nasional dilangsungkan meriah di Lapangan Kodam V/Brawijaya Surabaya.

Pada kesempatan ini, atraksi dan simulasi proses penyelamatan oleh petugas pemadam kebakaran dari sejumlah kabupaten/kota di Indonesia ditampilkan.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Surabaya, Laksita Rini, menjelaskan bahwa peserta acara berasal dari petugas pemadam kebakaran di berbagai wilayah kabupaten/kota.

Rangkaian acara dibuka dengan kompetisi bertajuk "National Fire Fighter Skill Competition" (NFSC) 2024 pada Selasa (27/2).

"Ada 131 wilayah kabupaten/kota yang memiliki damkar mandiri yang ikut serta, kemudian ada juga teman-teman Kemendagri dan forkopimda, totalnya ada 400 orang peserta, dan upacara diikuti oleh 1.050 orang," ujarnya.

Rini juga mengapresiasi peran banyak pihak yang telah membantu mensukseskan seluruh rangkaian acara HUT ke-105 pemadam kebakaran.

"Alhamdulillah, terima kasih atas dukungannya untuk acara ini sehingga lancar dan sukses," tuturnya dengan rasa terima kasih.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #komitmen #kemendagri #untuk #damkar #indonesia

KOMENTAR