Begini Nasib Jemaah Umrah Pasca Penerbangan Bandara Internasional Banyuwangi Ditunda
Sebanyak 35 jemaah umrah PT Berkah Kubah Hijau berangkat dari Bandara Juanda Surabaya Selasa (27/2). (Mubarak)
10:56
29 Februari 2024

Begini Nasib Jemaah Umrah Pasca Penerbangan Bandara Internasional Banyuwangi Ditunda

 

 

  Imbas belum adanya izin dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), para jemaah umrah akhirnya tidak jadi terbang ke Tanah Suci melalui Bandara Internasional Banyuwangi.

Pada awalnya, hal ini membuat beberapa pihak serta jemaah umrah merasa kecewa. Salah satunya para agent travel Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) wilayah Sekar Kijang.

Kendati demikian, dilansir Radar Banyuwangi (JawaPos Grup), Kamis (29/2), 90 jemaah umrah yang gagal berangkat dari Bandara Banyuwangi akhirnya tetap berangkat, namun melalui Bandara internasional Juanda, Surabaya.

Namun diketahui, pemberangkatan jemaah umrah ini dilakukan secara bertahap. 

Direktur PT Berkah Kubah Hijau H Ibnul Mubarok menyebut, meski agak terlambat dari jadwal yang direncanakan, pihaknya bersyukur masih bisa mendapatkan tiket penerbangan menuju Jeddah, Arab Saudi.

Dijelaskannya, dari total 90 jemaah umrah, sebanyak 55 orang telah diberangkatkan dari Bandara Juanda menuju Jeddah Arab Saudi pada Kamis (22/2) lalu.

Sementara itu sisanya, 35 orang jemaah baru akan diberangkatkan Selasa(27/2). ”Kami menjaga amanah tamu-tamu Allah. Alhamdulillah, kami bisa memberangkatkan jemaah umrah,” katanya.

Meski kerugian akibat gagal atau ditundanya penerbangan perdana umrah dari Bandara Internasional Banyuwangi tak terhindarkan, Mubarok masih tetap bersyukur.

”Namanya juga usaha, jadi harus siap dengan segala konsekuensinya. Tapi semoga penerbangan perdana dari Bandara Banyuwangi lekas ada jalan terbaik dan bisa cepat beroperasi,” harapnya.

Disisi lain, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Banyuwangi Dwi Yanto menyebut, dalam pekan ini, tim akan melakukan silaturahmi dan koordinasi terkait percepatan perizinan ke Kemenhub.

Sembari menunggu finalisasi perizinan penerbangan itu, revitalisasi sarana dan prasarana bandara tetap berjalan sesuai dengan rencana sebelumnya. 

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #begini #nasib #jemaah #umrah #pasca #penerbangan #bandara #internasional #banyuwangiditunda

KOMENTAR