Jelang Munas, MKGR Buka Peluang Dukung Airlangga Hartarto jadi Ketua Umum Lagi
Petinggi Majelis Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR), termasuk Ketua Umum Adies Kadir (kanan kedua) memberi keterangan ke wartawan usai melakukan pertemuan di salah satu restoran di kawasan Jakarta Selatan pada Selasa (27/2/2024) malam. 
00:57
28 Februari 2024

Jelang Munas, MKGR Buka Peluang Dukung Airlangga Hartarto jadi Ketua Umum Lagi

- Organisasi sayap Partai Golkar, Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR) membuka peluang akan mendukung Airlangga Hartarto kembali menjadi Ketua Umum Partai Golkar. Hal itu setelah MKGR melakukan pertemuan tertutup selama dua jam.

Adapun keputusan tersebut diambil setelah para petinggi Majelis Tinggi MKGR melakukan pertemuan tertutup di salah satu restoran di kawasan Jakarta Selatan pada Selasa (27/2/2024) malam.

Diketahui, Partai Golkar kembali akan menggelar Musyaawarah Nasional (Munas) pada akhir tahun ini dengan salah satu agendanya adalah pemilihan ketua umum partai.  

Mulanya, Ketua Umum MKGR, Adies Kadir memberikan pujian kepada Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto yang telah berhasil membawa perolehan suara Golkar melesat pada Pemilu 2024.

"Tentunya tadi kami dan Majelis Tinggi memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Ketua Umum Partai Golkar, Pak Airlangga Hartarto yang menahkodai partai ini dengan baik, pemikiran-pemikiran yang selalu berada 2, 3 bahkan 4, 5 langkah kedepan, sehingga partai Golkar bisa memposisikan di posisi kedua," ucap Adies selepas melakukan pertemuan tertutup.

Adies menuturkan, perolehan suara Golkar mengalami peningkatan signifikan dari 12 persen menjadi lebih dari 15 persen. Dengan hasil itu, nantinya MKGR bakal membawa nama Airlangga untuk diskusikan kembali menjadi ketua umum partai Golkar.

"Memang ada diskusi diskusi kalau hattrick begini mungkin bisa dilanjutkan saja tetapi kembali lagi kita kan satu lembaga organisasi. Tentunya kita akan bicarakan bersama dan hasilnya nanti kita akan sampaikan pada saat rakernas atau majelis permusyawaratan organisasi," katanya.

Namun begitu, Adies mengatakan pihaknya segera akan membentuk panitia kerja untuk membahas penentuan bursa kepemimpinan ketua umum partai Golkar. Termasuk, pihaknya akan mendengar masukan dari DPD seluruh Indonesia.

"Kita kan masih harus ini kan masih diskusi dengan majelis tinggi. Masih ada dewan pakar, masih ada dewan penasihat, ada dewan kehormatan kan kita belum menghadap ketuanya kan Pak Airlangga sendiri," katanya.

"Kita kan juga harus menghadap beliau juga, kita harus mendengarkan juga masukan-masukan dari beliau itu kita juga belum mendengarkan dari DPD-DPD I, DPD I seluruh Indonesia kemudian juga DPC cabang seluruh Indonesia," sambungnya.

Lebih lanjut, Adies menambahkan keputusan resmi dari MKGR bakal disampaikan secara resmi lewat Rapimnas Golkar

"Insyaallah nanti kita akan sampaikan untuk rapimnas itu sekitar bulan April dan Mei, kemudian Rakernas itu nanti bulan Juni dan sekitar Juli," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Majelis Tinggi Partai Golkar, Roem Kono mengatakan pihaknya mendukung adanya dorongan kembali Airlangga Hartarto menjadi ketua umum.

"Kita berharap ke depan kepemimpinan ini harus bisa berkelanjutan siapapun yang terpilih. Dan kita berharap ini bisa berkelanjutan dan kita juga berharap dari diskusi diskusi masih keinginan dari kita semua mempertahankan Pak Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum di masa yang akan datang," pungkasnya.

Dalam rapat kali ini, ada sejumlah nama petinggi MKGR yang hadir dalam pertemuan tersebut. Di antaranya, Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai Golkar sekaligus Ketua Umum Ormas MKGR, Adies Kadir

Kemudian, Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai Golkar sekaligus Sekretaris Ormas MKGR, Hetifah Sjaifudian, Wakil Ketua Umum DPP Ormas MKGR, Satya Yudha dan Bendahara Umum DPP Ormas MKGR, Dyah Roro Esti.

Selanjutnya, hadir pula Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Golkar sekaligus Ketua Majelis Tinggi Ormas MKGR, Roem Kono dan Wakil Ketua Dewan Pakar Golkar Yuddy Chrisnandi sekaligus Anggota Majelis Tinggi Ormas MKGR, Yuddy Chrisnandi.

Terakhir, adapula Ketua Fraksi Partai Golkar sekaligus Anggota Majelis Tinggi Ormas MKGR, Mohamad Idris Laena. 

Editor: Acos Abdul Qodir

Tag:  #jelang #munas #mkgr #buka #peluang #dukung #airlangga #hartarto #jadi #ketua #umum #lagi

KOMENTAR