Hari Ini DPR Gelar Paripurna Penetapan Jumlah dan Pimpinan Komisi Beserta Mitranya di Pemerintah
Ilustrasi anggota DPR RI. (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)
09:56
22 Oktober 2024

Hari Ini DPR Gelar Paripurna Penetapan Jumlah dan Pimpinan Komisi Beserta Mitranya di Pemerintah

- Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan, pihaknya akan menggelar rapat paripurna penetapan jumlah dan pimpinan komisi dan alat kelengkapan dewan (AKD), pada Selasa (22/10) siang. Rencananya, sidang paripurna akan digelar sekitar pukul 13.00 WIB.

Selain itu, DPR RI juga akan melakukan penetapan mitra-mitra kerja komisi DPR menyusul telah dilantiknya para menteri kabinet oleh Presiden Prabowo Subianto, pada Senin (21/10).

"Kami tetapkan besok di rapat paripurna yang akan dilakukan pada hari Selasa. (Jadwalnya) Siang insyaallah," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (21/10).

Puan menjelaskan, dirinya bersama pimpinan DPR lain telah selesai melakukan rapat konsultasi dengan para pimpinan fraksi dari delapan fraksi partai politik di DPR. Menurutnya, pimpinan DPR dan pimpinan fraksi sudah menyepakati jumlah komisi, AKD beserta pimpinan dan mitra kerjanya di pemerintahan.

"Menetapkan pertama jumlah komisi dan AKD, kemudian jumlah pimpinan komisi-komisi dari semua fraksi yang ada dan insyaallah kami akan, setelah kemarin diumumkan kabinet Merah Putih dari Presiden Prabowo tentu saja kami selesaikan mitra dari setiap komisi dan AKD," ucap Puan.

Lebih lanjut, Puan mengatakan jumlah komisi DPR disepakati bertambah menjadi 13 komisi. Secara umum, mitra kerja setiap komisi DPR relatif sama.

Sementara untuk Komisi XII DPR, lanjut Puan, mitra kerjanya adalah kementerian yang mengurusi energi dan sumber daya mineral. Lalu, mitra kerja komisi XIII adalah kementerian yang mengurusi hukum dan HAM.

"Komisi XII Energi, ESDM, yang XIII Hukum dan HAM, (komisi yang lain) tetap," tutur Puan.

Lebih lanjut, Puan menekankan adanya penambahan komisi DPR tidak berdampak pada penambahan ruang di DPR. Ia memastikan, Komisi XII dan Komisi XIII akan menggunakan ruang yang sudah tersedia di gedung parlemen.

"Enggak ada penambahan bangunan, tapi memang sudah disiapkan ruangan, ruang yang sudah tersedia akan tempati untuk komisi XII dan XIII jadi tidak ada penambahan bangunan," pungkas Puan.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #hari #gelar #paripurna #penetapan #jumlah #pimpinan #komisi #beserta #mitranya #pemerintah

KOMENTAR