Mendikbud Nadiem Dukung Kontribusi Pihak Swasta Majukan Pendidikan Tanah Air
Dari kiri: Gunawan Salim (Ketua Pengurus YPA-MDR), Riza Deliansyah (Chief of Corporate Affairs Astra), Santosa (Direktur Astra). 
20:49
11 Januari 2024

Mendikbud Nadiem Dukung Kontribusi Pihak Swasta Majukan Pendidikan Tanah Air

- Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mendukung penuh upaya kontribusi semua pihak dalam memajukan pendidikan di Indonesia, termasuk upaya Astra melalui Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim (YPA-MDR).

"Selamat ulang tahun ke-15 untuk Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim dan semoga di usia yang semakin matang ini, YPA-MDR terus bermanfaat bagi bangsa dan negara,” ujar Nadiem dalam sambutannya di acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-15 YPA-MDR  bertema ‘Never Give Up’ , Kamis (11/1/2024).

Sebagai informasi, YPA-MDR tercatat telah membina 125 sekolah yang tersebar di 14 kabupaten yang menjangkau lebih dari 2.000 guru dan lebih dari 29.000 siswa.

Selain itu, mereka juga telah mengukuhkan 32 sekolah yang dilakukan melalui Forum Komunikasi Sekolah Binaan (FKSB) ke-10 yang diadakan di Surabaya pada November tahun lalu.

Ketua Pengurus YPA-MDR, Gunawan Salim mengatakan, pihaknya terus bersemangat dan pantang menyerah untuk membangun pendidikan Indonesia, terutama di wilayah tertinggal dan strategis untuk mencapai sumber daya manusia yang unggul dan berwawasan global.

Gunawan juga mengumumkan tentang peluncuran buku biografi YPA-MDR edisi kedua berjudul Lustrum Ketiga YPA-MDR Berbakti: Melayani Dengan Hati, Bukan Sekadar Berbagi yang akan dilakukan dalam waktu dekat.

Tan hanya itu, pihaknya juga akan menerbitkan buku Bina Inovasi Siswa (BISA) berjudul “Lingkunganku Sumber Inspirasiku,” yaitu kumpulan karya para siswa dari jenjang SD, SMP, SMA/K yang menjadi wujud kontribusi YPA-MDR dalam implementasi Kurikulum Merdeka dengan mengadaptasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

"Tahun 2024 membuka peluang baru bagi kami untuk terus berkarya melalui program unggulan, yaitu Guru Muda Garda Depan (GMGD), Sekolah Berbasis Digital, Karya Inovasi dan Improvement, Olimpiade Sains, dan Cerdas Matematika (Cermat). Selain itu, kami juga akan membina dua wilayah baru, yaitu 13 sekolah di Kabupaten Lebak dan 14 sekolah di Kabupaten Sumba Timur," kata dia.

 Selama berdiri, Gunawam mengatakan YPA-MDR terus berjuang untuk memenuhi hak generasi muda bangsa Indonesia yang tinggal di daerah tertinggal dengan membuka akses pendidikan yang berkualitas, berdasarkan nilai-nilai leluhur, dan berkelanjutan untuk masa depan Indonesia yang lebih baik.

Hadir juga dalam acara tersebut, Direktur Astra Gita Tiffani Boer serta para pengurus YPA-MDR. 

Editor: Wahyu Aji

Tag:  #mendikbud #nadiem #dukung #kontribusi #pihak #swasta #majukan #pendidikan #tanah

KOMENTAR