Sertifikat ISO 21001 Jadi Jaminan Perguruan Tingggi untuk Wujudkan Visi dan Misi dengan Baik
Wakil Rektor I Universitas Cipasung Tasikmalaya, Dr H Ari Arisman MM saat menerima sertifikat ISO 21001 di Tasikmalaya, Senin (19/2/2024). 
22:01
20 Februari 2024

Sertifikat ISO 21001 Jadi Jaminan Perguruan Tingggi untuk Wujudkan Visi dan Misi dengan Baik

Seiring dengan perkembangan zaman, persaingan di dunia pendidikan menjadi semakin ketat sehingga penting bagi lembaga pendidikan di Indonesia meningkatkan kualitas dan standar mutu melalui ISO 21001.

Saat ini ISO 21001 menjadi standar global yang meliputi sistem manajemen organisasi pendidikan (SMOP) yang dikembangkan oleh International Organization for Standardization (ISO) untuk membantu lembaga pendidikan dalam meningkatkan kualitas dan efisiensi proses pembelajaran. 

Wakil Rektor I Universitas Cipasung Tasikmalaya, Dr H Ari Arisman MM mengatakan, lembaga pendidikan yang menerima ISO 21001 dinilai konsisten menjalankan sistem standarisasi manajemen mutu di bidang pendidikan ini.

"Dengan diraihnya ISO 21001 bisa menjadi jaminan kampus mewujudkan visi misi lembaga pendidikan dengan baik," kata Ari Arisman yang mewakili Universitas Cipasung  menerima Sertifikasi International ISO 21001:2018 di Tasikmalaya, Jabar, Senin (19/2/2024).

Standar ISO 21001 ini diberlakukan berlaku untuk segala jenis organisasi pendidikan, mulai dari pendidikan dasar hingga tinggi, serta pelatihan dan pengembangan profesional dan dimaksudkan menggantikan standar sebelumnya yang berfokus pada manajemen mutu, seperti ISO 9001, dengan lebih spesifik pada sektor pendidikan.

Ari juga mengatakan, diraihnya ISO 21001 ini menjadi terobosan sehingga menjadikan kampus yang unggul dalam mengoptimalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dengan menjalankan sistem tata kelola perguruan tinggi yang baik di tingkat nasional maupun internasional.

"Sertifikasi ini menegaskan komitmen menyediakan pendidikan berkualitas dan meningkatkan kepuasan mahasiswa serta stakeholders lainnya melalui Tri Dharma perguruan tinggi," katanya.

Ditambahkan, melalui pemahaman yang mendalam terhadap setiap instrumen standar ISO 21001, analisis gap, perencanaan implementasi yang cermat, pelatihan, implementasi, pemantauan, dan evaluasi yang berkelanjutan maka Universitas Cipasung berhasil mendapatkan sertifikasi ISO 21001.

Editor: Erik S

Tag:  #sertifikat #21001 #jadi #jaminan #perguruan #tingggi #untuk #wujudkan #visi #misi #dengan #baik

KOMENTAR