Satgas Damai Cartenz Tangkap 1 Anggota KKB di Kabupaten Puncak Papua
FOTO FILE: Satgas Damai Cartenz melakukan penyergapan ke salah satu markas Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kampung Mondusit, Distrik Serambakon, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan, Sabtu (30/9/2023) dini hari dengan menembak mati 5 anggota KKB 
14:41
20 Pebruari 2024

Satgas Damai Cartenz Tangkap 1 Anggota KKB di Kabupaten Puncak Papua

Satgas Damai Cartenz kembali menangkap satu anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) bernama Alenus Tabuni alias Kobuter.

Penangkapan itu dilakukan di depan Puskesmas Distrik Ilaga Kabupaten Puncak, Papua pada Minggu (18/2/2024) lalu.

"Tim Kami dari satgas Ops Damai Cartenz wilayah puncak telah mengamankan 1 anggota KKB yaitu, Alenus Tabuni alias Kobuter," kata Kepala Operasi Damai Cartenz, Kombes Faizal Ramadhani dalam keterangannya, Selasa (20/2/2024).

Faizal mengatakan saat itu, Alenus Tabuni ditangkap saat tengah bergabung dengan sekolompok masyarakat yang berada di depan puskesmas.

Terpisah, Kepala Satgas Humas Operasi Damai Cartenz, AKBP Bayu Suseno mengatakan awalnya anggota di wilayah puncak sedang melaksanakan pemantauan disekitaran ibu kota Distrik Ilaga tepatnya di area perempatan Koramil.

Di sana, anggota mendapatkan informasi jika ada keberadaan salah satu anggota KKB tersebut tengah bergabung dengan sekelompok masyarakat.

"Anggota kami langsung mendatangi sekelompok masyarakat yang sedang berdiri didepan puskesmas tersebut dan mengamankan anggota KKB, Alenus Tabuni alias Kobuter dan saat ini yang bersangkutan telah diamankan di Polres Puncak untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.” ucapnya.

Dalam penangkapan itu, aparat gabungan juga menyita sejumlah barang bukti berupa 1 (Satu) lembar uang pecahan Rp100.000 dan Rp 5.000, satu buah kikir besi, satu buah handphone merek Nokia warna hitam dan, beberapa temuan aksesoris lainnya.

Lebih lanjut, Bayu berharap partisipasi masyarakat dalam melaporkan aktivitas mencurigakan.

Selain itu, Bayu juga mendukung aparat keamanan dalam memberikan jaminan keamanan di kabupaten puncak dan juga kontribusi masyarakat pada upaya pencegahan kriminalitas demi terciptanya Kabupaten Puncak yang aman dan damai.

Editor: Hasanudin Aco

Tag:  #satgas #damai #cartenz #tangkap #anggota #kabupaten #puncak #papua

KOMENTAR