Bertemu Wapres Han Zheng, Gibran Tegaskan Komitmen Indonesia Jalin Kerja Sama Dengan Tiongkok
Wapres Gibran Rakabuming Raka bertemu Wakil Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Han Zheng di Jakarta, Senin (21/10/2024). 
15:17
21 Oktober 2024

Bertemu Wapres Han Zheng, Gibran Tegaskan Komitmen Indonesia Jalin Kerja Sama Dengan Tiongkok

- Gibran Rakabuming Raka menerima kunjungan kehormatan dari Wakil Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Han Zheng pada hari pertama dirinya bekerja sebagai Wakil Presiden.

Dalam pertemuan di Istana Wapres ini, Wapres Gibran menerima ucapan selamat atas pelantikannya dari Wapres Han Zheng.

Selain itu, Gibran pun menegaskan bahwa pemerintahan Prabowo-Gibran akan melanjutkan kerja sama yang sudah terjalin baik antara Indonesia dan Tiongkok.

"Yang jelas, pemerintahan Bapak Prabowo akan berkomitmen melanjutkan apa yang sudah dijalankan. Terima kasih atas dukungannya, termasuk dalam pembangunan kereta cepat," kata Gibran di Jakarta, Senin (21/10/2024). 

Sementara itu, Wapres Han Zheng merespons positif pernyataan tersebut dan menyatakan keyakinannya bahwa hubungan kerja sama antara Tiongkok dan Indonesia saat ini berada dalam posisi yang sangat baik.

"Kami juga yakin Pemerintah Indonesia yang baru akan melanjutkan tradisi persahabatan antara kedua negara," ujarnya.

Wapres Han Zheng juga menyampaikan setelah pertemuan antara Presiden Terpilih Prabowo dan Presiden Xi Jinping pada April lalu, Presiden Xi segera menindaklanjuti rencana kerja sama ke depannya dengan berbagai departemen terkait di Tiongkok.


Wapres Han Zheng menyatakan optimismenya bahwa hubungan baik antara Tiongkok dan Indonesia tidak hanya akan menguntungkan kedua negara, tetapi juga memberikan kontribusi positif bagi kemakmuran regional dan internasional.

"Kerja sama ini tidak hanya menguntungkan rakyat kedua negara, tetapi juga akan berkontribusi pada kemakmuran regional maupun internasional," imbuhnya.

"Terima kasih, Yang Mulia. Kita perkuat terus persahabatan ini," ucap Gibran menutup pertemuan.

Diketahui tahun depan, Indonesia dan Tiongkok akan merayakan 75 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

Wapres Gibran dan Wapres Han Zheng juga mendorong peningkatan kerja sama ekonomi dan peningkatan kapasitas SDM antar kedua negara. 

Editor: Adi Suhendi

Tag:  #bertemu #wapres #zheng #gibran #tegaskan #komitmen #indonesia #jalin #kerja #sama #dengan #tiongkok

KOMENTAR