Profil Kepala BIN Muhammad Herindra, Pensiunan Kopassus yang Meraih Adhimakayasa saat Lulus Akmil 1987
Calon Kepala BIN Letjen TNI (Purn) Muhammad Herindra mengikuti Rapat Paripurna Ke-4 DPR RI Masa Persidangan I Tahun Sidang 2024-2025 di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (17/10/2024). (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)
15:08
21 Oktober 2024

Profil Kepala BIN Muhammad Herindra, Pensiunan Kopassus yang Meraih Adhimakayasa saat Lulus Akmil 1987

- Dalam pelantikan para menteri dan kepala badan di Kabinet Merah Putih, Presiden Prabowo Subianto juga meresmikan jabatan kepala Badan Intelijen Negara (BIN) yang diemban Letnan Jenderal TNI (Purn) Muhammad Herindra.

Pada era Presiden Joko Widodo, Herindra merupakan wakil menteri pertahanan (wamenhan). Herindra bukan orang sembarangan. Dia merupakan purnawirawan TNI dengan pangkat terakhir letnan jenderal (letjen) TNI.

Herindra lahir pada 1964 di Magelang, Jawa Tengah. Dia merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 1987. Saat menuntaskan studi di Akmil, Herindra dinobatkan sebagai lulusan terbaik atau sebagai peraih adhimakayasa. Sebagai lulusan terbaik Akmil, Herindra memulai karirnya di TNI dengan bergabung Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

Pertemuan pertama Herindra dengan Prabowo terjadi saat dia masih bertugas di Kopassus. Karirnya sebagai prajurit Angkatan Darat juga sebagian besar dihabiskan sebagai personel Kopassus. Herindra pernah menjadi komandan peleton, komandan unit, komandan tim, komandan batalyon, sampai komandan jenderal (danjen) di Kopassus. Di luar Kopassus, Herindra juga menduduki sejumlah jabatan strategis lainnya.

Berdasar data dan catatan JawaPos.com, Herindra menutup karir di TNI sebagai Kasum TNI. Sebelum menduduki posisi itu, Herindra bertugas sebagai Irjen TNI dan panglima Kodam III/Siliwangi. Dia juga pernah menjadi komandan Korem 101/Antasari serta komandan jenderal Kopassus. Sebagai lulusan Akmil, sejak menyelesaikan studi di akademi, Herindra sudah digadang-gadang akan menjadi salah seorang pimpinan di Angkatan Darat.

Terbukti, sampai hari ini Herindra masih menduduki jabatan strategis. Meski sudah purnatugas dari TNI, Herindra tetap mendapat kepercayaan besar. Dia menjadi wamenhan paling lama di bawah Prabowo Subianto sebagai menhan. Tidak hanya itu, dia juga kini dipercaya menjadi kepala BIN, lembaga yang punya peran vital dan strategis bagi negara. Herindra menjadi kepala BIN ke-18 menggantikan Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #profil #kepala #muhammad #herindra #pensiunan #kopassus #yang #meraih #adhimakayasa #saat #lulus #akmil #1987

KOMENTAR