Profil Gus Ipul dan Agus Jabo, Mensos dan Wamensos di Kabinet Prabowo-Gibran
Menteri Sosial Saifullah Yusuf tiba di Padepokan Garuda Yaksa, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/10/2024). (Miftahul Hayat/ Jawa Pos)
13:40
21 Oktober 2024

Profil Gus Ipul dan Agus Jabo, Mensos dan Wamensos di Kabinet Prabowo-Gibran

- Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Agus Jabo Priyono ditunjuk menjadi Menteri Sosial (Mensos) di dalam Kabinet Merah Putih periode 2024-2029 di bawah kepemimpinan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Salah satu Pimpinan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini menggantikan Tri Rismaharini yang sebelumnya merupakan Menteri Sosial di dalam Kabinet Indonesia Maju di bawah kepemimpinan Joko Widodo. Sedangkan Agus Jabo adalah politisi partai non-parlemen yang mendukung Prabowo di Pilpres 2024.   Lantas, siapakah sebenarnya sosok pria yang akrab disapa Gus Ipul dan Agus Jabo itu?   Nama lengkapnya adalah Drs. K.H. Saifullah Yusuf, S.I.P. Lahir 28 Agustus 1964, Gus Ipul adalah seorang politisi Indonesia yang menjabat sebagai Menteri Sosial dari September 2024 menggantikan Tri Rismaharini.   Dalam ranah politik, ia sebelumnya menjabat sebagai Wali Kota Pasuruan sejak 26 Februari 2021 hingga dilantik menjadi Menteri Sosial. Ia juga pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur 2 periode, dari tahun 2009 hingga 2019.   Tak hanya itu, Gus Ipul juga pernah menjabat sebagai Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal Indonesia sejak Oktober 2004 hingga Mei 2007.    Hingga saat ini, ia juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama masa khidmat 2022-2027.   Secara pendidikan, Gus Ipul melanjutkan pendidikan sarjananya di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Nasional, Jakarta pada tahun 1985. Selain aktif kuliah, ia juga aktif di Organisasi Ekstra Kampus.    Sejak tahun 1990 hingga 1992, Gus Ipul dipercaya menjadi Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Jakarta. Di tahun yang sama, ia juga dipercaya menjadi Ketua Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) periode 1990-1995. Ia melanjutkan karirnya di Gerakan Pemuda Ansor.   Sementara itu, Agus Jabo Priyono memulai perjalanannya di dunia pergerakan dengan menjadi kader Pelajar Islam Indonesia (PII) sejak SMA hingga kuliah di Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Jawa Tengah.   Pada 1996, Agus Jabo kemudian mendirikan Partai Rakyat Demokratik (PRD) di mana ia menjadi Ketua Umum. PRD merupakan wadah berkumpul bagi orang-orang yang anti terhadap Presiden Soeharto di era Orde Baru.    Karenanya, Agus Jabo juga dikenal sebagai salah satu aktivis dalam gerakan reformasi 1998 yang berhasil melengserkan Soeharto.   Adapun keanggotaan PRD sebagian besar diisi oleh para mahasiswa dan aktivis dari berbagai kelompok masyarakat yang menentang keotoriteran Soeharto.    PRD sempa yang didirikan Agus Jabo beserta rekan-rekan seperjuangannya mengikuti pemilihan umum legislatif Indonesia 1999 yang merupakan pemilu pertama terbuka dan berlangsung secara demokratis usai rezim Orde Baru tumbang.    Setelahnya, PRD tak lagi mengikuti pemilu selanjutnya hingga Pemilihan umum legislatif Indonesia 2019. Setelah itu, Agus beserta sebagian rekan-rekannya di PRD mencoba peruntungan baru dengan mendirikan Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) dideklarasikan pada 1 Juni 2021 dan mendukung pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #profil #ipul #agus #jabo #mensos #wamensos #kabinet #prabowo #gibran

KOMENTAR