Presiden Jokowi Akan Hadiri Puncak Peringatan Hari Pers Nasional 2024 di Ancol Sore Ini 
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Presiden Joko Widodo dan Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi DKI Jakarta Heru Budi Hartono akan menghadiri Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2024 di Ecovention Ancol, Jakarta Utara pada Selasa (20/2/2024) pukul 16.00 WIB sore ini.  
11:49
20 Pebruari 2024

Presiden Jokowi Akan Hadiri Puncak Peringatan Hari Pers Nasional 2024 di Ancol Sore Ini 

Presiden Joko Widodo dan Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi DKI Jakarta Heru Budi Hartono akan menghadiri Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2024 di Ecovention Ancol, Jakarta Utara pada Selasa (20/2/2024) pukul 16.00 WIB sore ini. 

Rangkaian acara Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2024 ini diawali dengan acara pemotongan tumpeng di Gedung PWI Pusat tanggal 9 Februari lalu. 

Tanggal tersebut merupakan satu dari hasil keputusan Kongres PWI ke-28 di Padang pada tahun 1978.

Keputusan tersebut kemudian diperkuat dengan keluarnya Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1985 tentang Hari Pers Nasional sehingga setiap tanggal 9 Februari diperingati sebagai Hari Pers Nasional sekaligus sebagai HUT PWI.

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) sendiri lahir tahun 1946. 

"HPN merupakan penghargaan bagi seluruh insan pers yang telah berkontribusi dalam memajukan dan menjaga keutuhan bangsa Indonesia. Sebagai pilar demokrasi, eksistensi wartawan Indonesia menjadi semakin penting dalam perannya untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan dan menjaga keutuhan bangsa," dikutip dari Siaran Pers HPN pada Selasa (20/2/2024).

Dalam peringatan HPN tahun 2024, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ikut ambil bagian menjadi penyokong terselenggaranya perayaan Hari Pers Nasional 2024 di Jakarta.

Asisten Pemerintahan Sekretaris Daerah sekaligus Pelaksana Tugas Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko mengatakan Pemprov DKI Jakarta mewakili masyarakat dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, juga berterima kasih atas kehormatan yang telah diberikan kepada Jakarta untuk kembali menjadi tuan rumah rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional 2024. 

"Sinergi antara pemerintah dengan media berperan penting membentuk masyarakat yang demokratis dan tercerahkan," kata siaran pers tersebut.

"Harapannya, media dan seluruh insan pers dapat memberikan informasi kredibel dan bertanggung jawab dalam menyampaikan berbagai program pemerintah dan menyalurkan aspirasi masyarakat dengan baik," sambung siaran pers tersebut.

Logo Hari Pers Nasional 2024 Logo Hari Pers Nasional 2024 (pwi.or.id)

Sebelumnya, sejak 17 sampai 19 Februari 2024 sejumlah rangkaian acara atau kegiatan sudah dilaksanakan dengan lancar.

Kegiatan tersebut di antaranya seminar yang dilaksanakan secara hybrid dengan menghadirkan berbagai narasumber kompeten untuk membahas peran pers dalam mewujudkan demokrasi di era digital bertempat di Candi Bentar Hall, Ancol, Jakarta Utara.

Selain itu, juga digelar seminar masa depan Jakarta pasca IKN, Tantangan Lingkungan dan Kompetisi Global, kemudian acara yang terkait lingkungan seperti penanaman pohon mangrove di Taman Wisata Angke Kapuk. 

Acara penanaman tanaman mangrove tersebut juga dihadiri Menteri LHK RI Siti Nurbaya Bakar.

Kemudian, ada juga acara yang dikemas oleh seluruh wartawan olahraga yang tergabung dalam Siwo Pusat di mana hasil rapat kerjanya menghasilkan beberapa keputusan penting, yakni pekan olahraga wartawan (Porwanas).

Acara lain yang juga tak kalah penting dan meriah antara lain berbagi ribuan bibit pohon di Car Free Day (CFD) di Jalan Sudirman Jakarta pada Minggu 18 Februari.

Bibit pohon tersebut diperuntukan bagi masyarakat umum yang berada di sekitar Jalan Sudirman.  

Selain itu, di Candi Bentar Hall Ancol juga diselenggarakan yakni seminar selamatkan bumi melalui penerapan prinsip Environmental Social Govermance (ESG), Konkernas PWI, Lomba masak IKWI dan konvensi nasional media massa.

Editor: Theresia Felisiani

Tag:  #presiden #jokowi #akan #hadiri #puncak #peringatan #hari #pers #nasional #2024 #ancol #sore

KOMENTAR