Sertijab Kemendikbudristek Dijadwalkan Siang ini, Sekjen: Satu Menteri ke Tiga Menteri
Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen), (Abdul Mu'ti/Jawapos)
10:08
21 Oktober 2024

Sertijab Kemendikbudristek Dijadwalkan Siang ini, Sekjen: Satu Menteri ke Tiga Menteri

Presiden Prabowo Subianto telah mengumumkan 49 Menteri, 4 Kepala Lembaga dan 56 Wakil Menteri pada Minggu 20 Oktober 2024. Berbeda dari kabinet Indonesia Maju sebelumnya, Prabowo merubah nomenklatur Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada Kabinet merah putih yang dibentuknya.

Adapun, Kemendikbudristek dipecah menjadi tiga nomenklatur. Di antaranya Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains dan Teknologi, dan Kementerian Kebudayaan.

Mendikbudristek 2019-2024, Nadiem Makarim direncanakan akan melakukan serah terima jabatan di kompleks Kemendikbudristek, Senayan, Jakarta. Nadiem bakal melakukan serah terima jabatan ke tiga menteri baru sekaligus.

"Langsung serah terimanya dari satu menteri ke tiga menteri," kata Sekjen Kemendikbudristek Suharti kepada wartawan, Sabtu (19/10).

Adapun serah terima jabatan ini akan dilakukan Senin, 21 Oktober 2024. Di jadwalkan serah terima itu akan dilaksanakan setelah Prabowo melakukan pelantikan menteri di Istana Negara.

"Rencananya besok pagi akan saya lantik para menteri pukul 10," kata Prabowo di Istana Negara, Jakarta, Minggu 20 Oktober 2024.

Sebelumnya, Prabowo secara resmi mengumumkan susunan jajaran menteri yang akan membantu masa pemerintahannya, pada 5 tahun mendatang.

Prabowo telah menunjuk Abdul Mu'ti sebagai Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen), beserta Fajar Riza Ulhaq dan Atip Latifulhayat sebagai Wamen Dikdasmen.

Selanjutnya, Prabowo menunjuk Satryo Soemantri Brojonegoro sebagai Menteri Pendidikan Tinggi, Sains dan Teknologi. Kemudian Stella Christie dan Fauzan sebagai Wamen Dikti Sains dan Teknologi.

Prabowo lalu menunjuk Fadli Zon sebagai Menteri Kebudayaan dan Giring Ganesha sebagai Wamen Kebudayaan.

Editor: Mohamad Nur Asikin

Tag:  #sertijab #kemendikbudristek #dijadwalkan #siang #sekjen #satu #menteri #tiga #menteri

KOMENTAR