Sudah 4,1 Persen, Penghitungan di KPU Belum Selesai, PPP Tetap Kawal Suara
Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono di Dusun Semampir, Jawa Tengah beberapa waktu lalu. (Istimewa)
18:24
19 Februari 2024

Sudah 4,1 Persen, Penghitungan di KPU Belum Selesai, PPP Tetap Kawal Suara

- Partai Persatuan Pembangunan (PPP) berusaha menjaga kansnya tetap berada di parlemen. Upaya itu dengan menjaga perolehan suara agar tetap masuk dalam ambang batas parlemen, yaitu tidak kurang dari 4 persen.

Berdasar tabulasi suara yang dirilis laman Pemilu 2024 KPU pada Senin sore (19/2) pukul 17.00, suara yang diperoleh PPP sudah mencapai 2.602.869. Angka itu setara 4,1 persen.

Angka ini belum aman. Karena, penghitungan di KPU belum selesai. Data yang masuk dalam tabulasi suara KPU baru 469.006 dari 823.236 tempat pemungutan suara (TPS) atau 56,97 persen.

Pengamat politik Universitas Paramadina Ahmad Khoirul Umam mengatakan, jika di KPU sudah terdapat angka 4,2 persen, maka ada kemungkinan skema penyelamatan PPP yang tinggi.

Sebelumnya, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP PPP Sandiaga Uno, suara partainya berkurang di sembilan daerah pemilihan (dapil). Namun, dia tidak menyebutkan nama dapil yang dimaksud.

Dia juga tidak memerinci penyebab berkurangnya suara tersebut. Yang jelas, Sandi menginstruksi kader PPP untuk terus memantau rekapitulasi di berbagai tingkatan. "Kami minta setiap kader dan relawan untuk menjaga suara," tuturnya.

Menurut Sandi, dengan pengawalan diharapkan perolehan suara bisa diamankan, sehingga tidak sampai hilang. Pihaknya akan betul-betul mengamankan suara partai, karena hal itu merupakan amanah dari rakyat yang sudah memilih PPP.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #sudah #persen #penghitungan #belum #selesai #tetap #kawal #suara

KOMENTAR