Jokowi Minta Laporkan Kalau Ada Kecurangan, Anies: Memang Begitu
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan bersama keluarga melakukan pencoblosan Pemilu 2024 di TPS 60, Lebak Bulus, Jakarta, Rabu (14/2/2024). (DOK: TIMNAS AMIN)
14:08
18 Februari 2024

Jokowi Minta Laporkan Kalau Ada Kecurangan, Anies: Memang Begitu

- Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan mengiyakan pernyataan Presiden Joko Widodo untuk melaporkan dugaan kecurangan dalam Pemilu 2024 ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) maupun Mahkamah Konstitusi (MK). Ia mengatakan memang dirinya pun menyampaikan hal yang sama.

"Iya memang begitu. Karena itulah saya sampaikan kepada semua, kumpulkan saja fakta-fakta kecurangan-kecurangan dalam pelaksanaan (Pemilu)," ujarnya kepada wartawan beberapa waktu lalu.   "Dan itu yang perlu kita tunjukkan kepada nanti Bawaslu dan juga tim hukum prosesnya," sambung Anies.   

  Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menegaskan bahwa pihaknya meyakini bahwa yang terpenting dari proses Pemilu adalah adanya proses yang jujur dan adli.    "Dan yang senyata terjadi di lapangan benar-benar aspirasi rakyat. Jadi jangan sampai ada unsur tekanan atau unsur imbalan dalam memilih karena pemilihan ini adalah hak rakyat, jadi itu poin utamanya," ucapnya.   "Adapun hasil dari proses jujur dan adil adalah hasil yang baik," tandas Anies.   Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons pernyataan sejumlah pihak yang menyebutkan ada kecurangan dalam perhelatan Pemilu 2024. Ia menegaskan, pihak yang tidak menerima hasil Pemilu bisa mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).   "Saya kira sudah diatur semuanya kok. Jadi janganlah teriak-teriak curang, ada bukti langsung bawa ke Bawaslu. Ada bukti bawa ke MK," kata Jokowi di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (15/2).  

 

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #jokowi #minta #laporkan #kalau #kecurangan #anies #memang #begitu

KOMENTAR