Tinjau Samsat Digital Pertama di Indonesia, Kakorlantas Polri : Layanan Publik Bisa Makin Singkat
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan mengunjungi Samsat Digital Terminal Leuwipanjang, Bandung, Jawa Barat pada Jumat (16/2/2024) 
07:41
17 Februari 2024

Tinjau Samsat Digital Pertama di Indonesia, Kakorlantas Polri : Layanan Publik Bisa Makin Singkat

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan mengunjungi Samsat Digital Terminal Leuwipanjang, Bandung, Jawa Barat pada Jumat (16/2/2024). 

Dalam kesempatan itu Aan didampingi Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus, melihat kantor samsat digital pertama di Indonesia tersebut.

"Hari ini saya bersama pimpinan Samsat Tingkat Pusat berkunjung ke samsat digital, ini yang pertama di Indonesia berada di Leuwipanjang," kata Aan dalam keterangannya, Jumat (16/2/2024).

Aan menerangkan bahwa perubahan pelayanan dari konvensional ke digital dapat mempersingkat aktivitas masyarakat terkait perpanjangan STNK, membayar pajak kendaraan dan membayar sumbangan wajib berlalu lintas hanya dalam waktu 15 menit.

"Dengan digitalisasi Samsat ini, pelayanan masyarakat dimudahkan, tidak perlu turun lagi mengantri, cukup di mobil cek fisik kendaraannya kemudian dipastikan legalitasnya,” kata Aan.

Mengikuti perkembangan digitalisasi, Samsat Digital Terminal Leuwipanjang juga mengalihkan sistem pembayaran dengan menggunakan cashless atau non tunai.

Korlantas Polri pun berharap Samsat Digital Leuwipanjang bisa menjadi perintis dalam memprogramkan untuk seluruh wilayah Indonesia.

"Mudah-mudahan ini dari yang pertama ini sebagai perintis samsat digital ini akan coba memprogramkan dari teman-teman Pembina Samsat tingkat pusat akan coba memprogramkan untuk seluruh wilayah Indonesia," pungkasnya.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Direktur Utama PT Jasa Raharja Rivan A Purwantono, Wadirlantas Polda Jawa Barat AKBP Edwin Affandi, Kasubdit STNK Ditregident Korlantas Polri Kombes Pol Prianto dan Kepala Bapenda Jawa Barat Dedi Taufik.

Editor: Eko Sutriyanto

Tag:  #tinjau #samsat #digital #pertama #indonesia #kakorlantas #polri #layanan #publik #bisa #makin #singkat

KOMENTAR